Laporkan Masalah

ANALISIS PORTOFOLIO APLIKASI DENGAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA PRODUSEN AIR MINUM DALAM KEMASAN “UTRA”PT. GUWATIRTA SEJAHTERA

Faulinda Ely Nastiti, Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D.

2014 | Tesis | S2 Teknik Elektro

PT. Guatirta sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang Air Minum Dalam Kemasan dengan merek dagang “UTRA”. Agar dapat bersaing dengan perusahaan sejenis PT. Guwatirta Sejahtera harus mempunyai suatu perencanaan strategis sistem informasi, untuk dapat mencapai tujuan perusahaan dalam keunggulan bersaing. Dengan peranan sistem informasi dan teknologi (SI/TI) yang memadai akan membantu para pelaksana perusahaan dalam kegiatan pemasaran dan penjualan produk air minum dalam kemasan (AMDK) serta bidang administrasi perusahaan untuk mampu memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pelanggan. Penelitian diawali dari memotret kondisi perusahaan saat ini, diikuti dengan analisis internal (Value Chain, Critical Success Factor, SWOT) dan external perusahaan (PEST dan Five Force Model). Fokus penelitian adalah menggali kebutuhan aplikasi terhadap BMC. Penelitian dilakukan dengan memasukkan Business Model Canvas sebagai salah satu bagian dari analisis bisnis pada model Ward-Peppard. Aplikasi yang muncul setelah dilakukan beberapa jenis analisis akan dikelompokkan dengan Metode McFarlan sehingga menghasilkan portofolio aplikasi. Potensi aplikasi yang muncul dikategorikan sesuai dengan proses bisnis yang ada dalam Bisniss Model Canvas. Hasil pemetaan aplikasi model McFarlan merekomendasikan pengembangan aplikasi E-Commerce dan E- Supply Chain Management, masuk ke dalam kategori High Potential. E-Commerce dan E-SCM merupakan bagian dari E-Busines dan termasuk High Potential dikarenakan perusahan masih memerlukan pengembangan untuk mencapai tujuan perusahaan. Pemetaan aplikasi berdasarkan Business Model Canvas merekomendasikan pengembangan bisnis dengan E-Commerce, E-Supply Chain Management, SMS Marketing dan Human Resource Information System (HRIS). Keempat aplikasi tersebut dapat dikembangkan agar strategi bisnis perusahaan sesuai dengan kondisi ekonomi sekarang dan dapat bersaing dengan kompetitor

PT. Guatirta Sejahtera is a company that is engaged in the field of Bottled Drinking Water under the trademark \\"UTRA\\". In order to compete with similar companies PT. Guwatirta Sejahtera must have a strategic planning of information system, in order to achieve its goals in competitive advantage. With the role of adequate information systems and technology (IS / IT) will assist the company in implementing the marketing activities and product sales of bottled drinking water (drinking water) and the administration of the company to able to provide the best service to customers. The study begins from the company's current conditions at present, it is followed by an internal analysis (Value Chain, Critical Success Factor, SWOT) and external companies (PEST and Five Force Model). The focus of the research is to explore the needs of the application to the BMC. The study is conducted by entering the Business Model Canvas as one part of the business analysis model-Peppard Ward. Applications that appear after some kind of analysis will be grouped with Farlan MC method to produce a portfolio of applications. Potential emerging applications are categorized according to the existing business processes in the Business Model Canvas. The results of application mapping models McFarlan recommends the application development E-Commerce and E- Supply Chain Management, into the category of High Potential. E-Commerce and E-SCM is part of the E-Busines and including High Potential because the company still needs development to achieve company goals. The application Mapping based on Business Model Canvas recommends business development with E-Commerce, E-Supply Chain Management (E-SCM), and Human Resource Information System (HRIS). All three applications can be developed to suit the company's business st

Kata Kunci : Aplikasi, Business Model Canvas, Portofolio, Perencanaan, Strategis


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.