Laporkan Masalah

ANALISIS KINERJA KREDIT MIKRO SEGMEN AGRIBISNIS DI PT BANK RAKYAT INDONESIA Tbk CABANG MUNTILAN

RISMARINDA SEKAR TUNJUNG, Dr. Ir. Slamet Hartono, M.Sc.

2014 | Skripsi | SOS.EK. PERTANIAN (AGROBISNIS)

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kinerja total kredit mikro dan kredit mikro segmen agribisnis di BRI Cabang Muntilan yang meliputi outstanding dan NPL (2) mengetahui proporsi kredit mikro segmen agribisnis (3) mengetahui kinerja nasabah kredit mikro segmen agribisnis di BRI Cabang Muntilan dan (4) mengetahui upaya BRI untuk mengatasi NPL. Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif. Pemilihan data primer untuk nasabah kredit mikro dilakukan secara random dari 12 Unit Kerja BRI Cabang Muntilan. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa Laporan Perkembangan Usaha BRI Cabang Muntilan dan Laporan Kredit Mikro BRI Cabang Muntilan per Sektor Ekonomi dan Segmen Bisnis yang disajikan bulanan dari tahun 2011 sampai 2013.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan outstanding kredit mikro BRI Cabang Muntilan mengalami perkembangan naik dan NPL (non performing loans) memilki perkembangan menurun dan dalam tingkat baik yaitu kurang dari 5%. Kinerja nasabah kredit mikro segmen agribisnis BRI Cabang Muntilan dalam taraf yang baik dengan 95% nasabah termasuk dalam katagori baik, efektif dan kredit lancar. Kredit mikro segmen agribisnis memiliki proporsi sebesar 65% dari jumalah total kredit mikro. Upaya BRI Cabang Muntilan dalam mengatasi NPL yaitu dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat pedesaan, memberikan arahan kredit saat pengajuan kredit, melakukan pantauan dan kunjungan silaturahmi kepada calon nasabah dalam rangka pembinaan, memberikan waktu perpanjangan untuk membayar pinjaman, restrukturisasi kredit, serta menyelesaikan dengan jalan kekeluargaan.

This research aims to understand: (1) total performance of micro-credit and microsegment of Agribusiness in BRI Muntilan that consists of outstanding and NPL, (2) micro-credit proportion in agribusiness segment, (3) customer micro-credit performance in agibusiness segment in BRI Muntilan, and (4) the effort from BRI to overcome NPL. Descriptive analytical method was used in this study. Primary data was gained by random sampling among micro-credit’s customer from 12 fields of BRI Muntilan. In this research, secondary data was obtained as business development and Micro-credit report of BRI Muntilan per economic sectors and business segments presented monthly from 2011 until 2013. The results showed that overall outstanding micro-credit in BRI Muntilan progression up and NPL (non performing loans) has decreased and in the level of development of the good that is less than 5%. Performance customers micro-credit segment of agribusiness BRI Muntilan insecurity good by 95% customers included in category of good, effective and credit smoothly. Agribusiness segment micro-credit has the proportion of 65% of the total amount of micro-credit. Efforts BRI Muntilan in overcoming NPL is by giving socialization to rural communities, giving directives credit when filing credit, do the observation and visit the relationship to potential customers in order, to give time to repay a loan, the credit restructuring and finished with the family.

Kata Kunci : kinerja, kredit mikro, segmen agribisnis, outstanding, NPL (non performing loans)


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.