Laporkan Masalah

PENGEMBANGAN KUALITAS PELAYANAN BUS PARIWISATA MENGGUNAKAN METODE SERVQual (Studi Kasus di PT. Bimo Transport Indonesia, Yogyakarta)

BINTANG PAMUNGKAS, Dr. Mirwan Ushada, STP. M.App.life.Sc.

2014 | Skripsi | TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Industri pariwisata kini merupakan industri penting sebagai penyumbang Gross Domestic Product (GDP) suatu negara dan bagi daerah industri ini sebagai penyokong dari Pendapatan Asli Daerah (PAD). Industri ini mampu memberikan kontribusi lebih dari 10% dari PAD. Hal inilah yang meyebabkan daerah berlomba-lomba untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang dimilikinya sehingga dapat menarik kunjungan wisata (turis) baik lokal maupun manca negara. Pada penelitian ini penulis menggunakan konsep SERVQual yang memiliki beberapa dimensi didalamnya. Dimensi-dimensi yang ada pada konsep SERVQual berjumlah 5, yaitu dimensi Tangibles, Empathy, Responsiveness, Reliability, dan Assurance. Manfaat dari penelitian ini adalah meningkatnya kualitas pelayanan bus pariwisata PT. Bimo Transport Indonesia yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Selain itu, dapat pula sebagai sarana pembelajaran agar pelayanan suatu perusahaan jasa bisa berkembang baik dalam memenuhi harapan pelanggannya.

-

Kata Kunci : kualitas, servqual, pelayanan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.