PEMASARAN TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT PETANI SWADAYA DI DESA ASAM JAWA KECAMATAN TORGAMBA KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN
NURJANNAH SIREGAR, Dr. Jamhari, S.P., M.P.
2014 | Skripsi | SOS.EK. PERTANIAN (AGROBISNIS)Penelitian ini dilakukan di Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui saluran pemasaran tandan buah segar kelapa sawit, 2) Mengetahui besar marjin pemasaran setiap lembaga pemasaran tandan buah segar kelapa sawit, 3) Mengetahui faktor-faktor yang mepengaruhi marjin pemasaran tandan buah segar kelapa sawit, 4) Mengetahui tingkat monopoli setiap lembaga pemasaran tandan buah segar kelapa sawit, dan 5) Mengetahui efisiensi pemasaran tandan buah segar kelapa sawit. Metode dasar penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Sampel daerah penelitian diambil dengan metode purposive sampling. Metode pengambilan sampel petani dilakukan dengan simple random sampling, sampel pedagang dan pabrik kelapa sawit dengan metode snowball sampling. Jumlah responden petani adalah 70, pedagang pengumpul kecil 11, pedagang pengumpul besar 2, dan pabrik kelapa sawit 2. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat 4 saluran pemasaran tandan buah segar kelapa sawit. Saluran I, adalah saluran pemasaran langsung (tanpa lembaga pemasaran), saluran II dan III melibatkan 1 lembaga pemasaran, dan saluran IV melibatkan 2 lembaga pemasaran. Nilai marjin tertinggi adalah pedagang pengumpul kecil sebesar Rp 205,67/kg dan marjin terendah adalah pedagang pengumpul besar sebesar Rp 81,00/kg. Faktor-faktor yang mempengaruhi marjin pemasaran adalah harga jual petani dan saluran pemasaran. Nilai monopoly index terbesar adalah pedagang pengumpul kecil sebesar 1,59 dan nilai monopoly index terkecil adalah pedagang pengumpul besar sebesar 1,46. Semua saluran pemasaran yang digunakan sudah efisien.
The aims of this research are to: 1) Identify the marketing channel of fresh fruit bunch of oil palm, 2) Calculate the amount of marketing margin of fresh fruit bunch of oil palm in each marketing agencies, 3) Understanding the factors having effect to marketing margin of fresh fruit bunch of oil palm, 4) Calculate level of monopoly index in each marketing agencies and 5) Calculate marketing efficiency of each marketing channel. The method of research used in this research was descriptive analysis method. This research area sampling method was selected by using purposive sampling. The farmers sampling method was selected by using simple random sampling. The marketing agencies and palm oil mill was selected by using snowball sampling. The numbers of sampling farmers were 70, small traders were 11, big traders were 2, and palm oil mill were 2. Data consisted of primary and secondary data. The results of this study were: there were four marketing channel. Channel I is a direct marketing channel; without marketing agencies, channel II and III consist of 2 marketing agencies. The highest value of marketing margin obtained by small traders of IDR 205,67/kg and the lowest marketing margin obtained by big traders of IDR 81,00/kg. The highest level of monopoly index was 1.59 by big traders and the lowest monopoly index was 1.46 by small traders. All marketing channels in this research have been efficient.
Kata Kunci : Marjin, Pemasaran, monopoli indeks, efisiensi