Laporkan Masalah

Implikasi konsep metafisika Al-Ghazali dalam pendidikan Islam di Indonesia

JUZ'AN, Prof.Dr. Imam Barnadib, MA

2001 | Tesis | S2 Filsafat

Objek materia dari penlitian ini adalah konsep metafisika Al-Ghazali yang dijadika sebagai prinsip pertama dalam pemikirannya, sedangkan objek formalnya adalah filsafat pendidikan islam Indonesia. flmu dan teori pendidikan bertumpu pada keyakinan metafisika, keyakinan epistemologis dan keyakinan aksiologis, hanya saja metafisika merupakan yang paling mendasar. Secara empirik pendidikan Islam berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah, namun pembacaan Al- Qur’an dan Sunnah selalu bertumpu pada keyakinan metafisika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan asumsi dasar dari Al- Ghazali dan bagaimanakah implikasinya dalam pendidikan islam di Indonesia. Pemikiran Al-Ghazali telah dikenal oleh bangsa Indonesia, dan khususnya bidang tasawuf Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan dengan model penelitian konsep faktual dalam sejarah. Unsur utama metode penelitian ini adalah interpretasi dan methode sejarah. 1. Allah adalah Esa dan merupakan satu-satunya Yang-Ada. Dia wajib-ada, dan keberadaan berbeda sama sekali dengan lainNya. Dia dapat diketahui karena berhubungan dengan lainNya. 2. Alam merupakan ciptaan Allah adanya bersifat mungkin, dan merupakan tanda-tanda bagi adanya Allah. 3. Manusia sebagai ciptaan Allah merupakan mahluk yang istimewa, struktur kediriannya mengandung semua unsur yang ada di alam. Perannya di alam adalah sebagai wakil- Allah dan hamba-Allah. Inti dari kemanusiaan terletak pada ruhnya. 4. Implikasi konsepsi ini dalam pendidikan islam adalah tujuan utama pendidikan adalah mengenalkan pelajar akan adanya Allah ( mu ’rifah ) dan ini ditumbuhkan dengan car8 mengamalkan ajaran agama ( maZ ), pengetahuan ( ilmu ) dan keadaan ( kZ ), dan pada sisi lain ilmu dan pengetahuan dipandang sebagai merupakan sarana untuk mengenal Allah. 5. Ciri utama dari manusia Indonesia seutuhnya sebagaimana dirumuskan dalam tujuan pendidikan nasional adalah membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini sejalan dengan pendidikan islam yang bertumpu pada konsepsi Al-Ghazali.

The material object of this research is the concept of metaphysica fbnctioning as the first principle in Al-Ghazali’s thought, and the formal object is philosophy of islamic education in Indonesia. Educational theories and practices based on metaphysical belief, epistemological belief and axiological belief, but metaphysica is the ultimate one. Islamic education empirically based on Qur’an and Sunnah, on the other hand qur’anic reading and sunnah reading guided by metaphysical belief. The aims of this research is to unclose the basic asumtion on Al-Ghazali’s thought and it implication in islamic education in Indonesia. Al-Ghazali’ s thoaught and Indonesian related by islamic thinking, especially by tasawuf This reseach is done trought librarian study and it uses “the historical model of factual concept’’ . The primarily element methods are interpretation and historical method. 1. Allah is the One Being, He is necessary being and totally different with all existwence. He is known because he relates to other. 2. Nature as a being is created by God, it is contingency being and the signal of God ( ayat ). Ontologically the construct of nature is pair and cosmic. 3. Human as a creature of God is special being. The structure of the self comprises any element of being, and his position is the center of the universes ( khallfat Allah ) and the servant of God ( ‘ab&llah ). The essence of human being is the spirit ( &I ), and body (.jmad) as the serve of the spirit. 4. The implication of the concept on Islamic education in Indonesia is the ultimate goal of education is to concience the student about Allah ( ma ’rifah ); and it is grows up by practicing of religius duties ( mal ), knowledge ( & ) and state of self ( kZ),on the other hand sience and knowledge are “donkey bridge’’ to concience about Allah. 5. The first statement on the goal of national education is belief in God and obey to him , and its in the line with islamic education based on Al-Ghazali’s conception.

Kata Kunci : Filsafat Islam,Metafisika Al,Ghazali,Pendidikan Islam, metaphysica, philosophy of education


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.