Laporkan Masalah

RENCANA BISNIS BABABUN BABY SPA DI SURABAYA

Okky Puspitasari, Nurul Indarti, Sivilokonom. Cand. Merc. Ph.D.

2014 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Spa bayi memiliki pengertian kurang lebih sama dengan spa untuk orang dewasa hanya saja diperuntukkan untuk bayi dengan proses yang lebih sederhana. Spa bayi sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Di Surabaya sendiri, membuka spa bayi di daerah Surabaya Timur merupakan kesempatan bisnis yang menjanjikan. Selain masih sedikitnya bisnis spa bayi di daerah Surabaya Timur, keberadaan beberapa keluarga muda perkotaan sebagai penghuni perumahan menengah keatas yang mulai tumbuh pesat merupakan konsumen potensial. Rencana bisnis ini disusun dengan memperhatikan analisis dan evaluasi melalui sudut pandang lingkungan internal dan lingkungan eksternal, serta menggunakan konsep strategi fungsional yang bertujuan memenuhi peluang membangun spa bayi di Surabaya Timur yang inovatif, menawarkan suasana yang nyaman dengan harga yang kompetitif serta memenuhi kebutuhan fasilitas yang diinginkan para keluarga muda Surabaya sebagai target pasar. Strategi dan tahapan dalam membangun dan merencanakan bisnis ini dijabarkan secara rinci yang meliputi perencanaan pemasaran, perencanaan operasional, perencanaan sumber daya manusia dan perencanaan keuangan. Analisis keuangan yang dilakukan meliputi proyeksi kinerja perusahaan yang memberikan hasil Net Present Value (NPV) sebesar Rp. 297,211,715 , Internal Rate of Return (IRR) sebesar 28% dan Payback Period (PP) yaitu 3 tahun 1 bulan. Dari hasil perhitungan kelayakan investasi tersebut maka rencana bisnis untuk mewujudkan spa bayi ini layak untuk dijalankan atau feasible.

Baby spa has is roughly equal to a spa for adults, but only intended for infants with a much simpler process. Baby spas are scattered in various cities in Indonesia. In Surabaya alone, East Surabaya is a promising business opportunity. In addition to the limited Baby spa in East Surabaya, some young families as the urban middle and upper housing residents began to grow rapidly as potential consumers. The business plan was developed with attention to analysis and evaluation through the viewpoint of the internal environment and the external environment, as well as using the concept of functional strategies that address the chances of building an innovative baby spa in East Surabaya, offering a cozy atmosphere with a competitive price and meet the needs of the young families as the target market. Strategy and planning stages in building and business are described in detail that includes marketing planning, operational planning, human resource planning and financial planning. The financial analysis was conducted on the projected performance of the company that produces the Net Present Value (NPV) of Rp. 297,211,715, Internal Rate of Return (IRR) of 28 % and Payback Period (PP) ie 3 years and 1 month. From the calculation of the investment feasibility, the business plan is to realize if this baby spa business is feasible or not.

Kata Kunci : spa bayi, perencanaan bisnis, strategi, kelayakan investasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.