Laporkan Masalah

Kepuasan Wisatawan Terhadap Fasilitas Wisata Di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

RIZKY AMALIANA, Yulita Kusumasari, ST., M.Sc.

2014 | Skripsi | PARIWISATA

Pantai Prigi merupakan pantai yang berada di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Selain pantai, obyek wisata Pantai Prigi juga memiliki daya tarik wisata yang lain, yaitu Pelabuhan Perikanan Nusantara dan Upacara Larung Sembonyo. Sebagai obyek wisata yang pertama kali dikembangkan oleh pemerintah daerah, ada banyak fasilitas wisata yang telah dibangun oleh pemerintah. Sebagai tolak ukur berhasil tidaknya pembangunan fasilitas wisata salah satunya dilihat dari kepuasan wisatawan terkait hal tersebut. Untuk mengetahui bagaimana kepuasan wisatawan terhadap fasilitas wisata di Pantai Prigi maka dilakukan penelitian dengan mengambil 100 responden yang ada di Pantai Prigi untuk mengumpulkan data melalui kuesioner. Hasil dari penelitian menyatakan sebanyak 63% responden tidak puas terhadap fasilitas wisata yang ada di Pantai Prigi. Selain untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan, penelitian ini juga untuk mengetahui fasilitas – fasilitas mana yang sudah berjalan baik dan belum. Terdapat 2 fasilitas yang menurut responden belum berjalan dengan baik, yaitu pos keamanan dan sarana kesehatan. Saran yang dapat diberikan oleh penulis untuk pengembangan obyek wisata Pantai Prigi adalah sebagai berikut: (a) Fasilitas - fasilitas yang sudah berjalan dengan baik tetap dipertahankan kebaikannya, dijaga dan dipelihara lebih lanjut oleh pengelola, masyarakat sekitar dan juga wisatawan; (b) Pos keamanan dan sarana kesehatan diletakkan di tempat yang strategis, diberi papan penunjuk yang jelas dimana kedua lokasi tersebut berada agar sewaktu – waktu apabila wisatawan ada yang berkepentingan bisa menjangkau lokasi tersebut dengan mudah; (c) Pengadaan CCTV di sekitar obyek wisata untuk memantau situasi keamanan; (d) Membangun komunikasi yang baik antara pengelola dengan stakeholder untuk pengembangan dan pemasaran obyek wisata Pantai prigi secara berkelanjutan.

Prigi Beach is located in Trenggalek Regency, East Java. Not only has the beach, but this tourist object also has other attractions including Nusantara Fishery Port and Larung Sembonyo Ceremony. As a tourist object first developed by the local government, a lot of tourism facilities have been already built there. One way to measure the success of the tourism facilities is by investigating the tourist satisfaction. This research employed 100 respondents (tourists) to collect data by distributing questionnaires. The results of the research showed that 63% of respondents were not satisfied with the facilities. In addition, out of some tourism facilities available, 2 facilities, i.e. security post and medical center, were not running well according to the respondents. For the tourism development in Prigi Beach, this research makes several suggestions as follows: (a) the facilities are already well-preserved, kept, and maintained by the management, local community, and tourists; (b) the security post and medical center should be placed in strategic locations and have signposts to make it easier for tourists to reach the locations; (c) CCTVs should be provided around tourist attractions to monitor security situation; (d) communication between managers and stakeholders should be established for the sustainable development and marketing of Prigi Beach.

Kata Kunci : Pantai Prigi, Fasilitas wisata, Kepuasan wisatawan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.