Laporkan Masalah

Pengaruh gender dan perbedaan disiplin akademis terhadap penilaian etika oleh mahasiswa

WINARNA, Jaka, Dr. Gudono, MBA

2001 | Tesis | S2 Akuntansi

Pada saat ini meningkatnya perbedaan yang timbul dari penggunaan calon pegawai wanita dan non akuntansi oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) memberikan tantangan bagi pengembangan profesi dan pelatihan dalam perekrutan pegawai baru. Apabila penilaian etika calon pegawai wanita dan non akmtansi berbeda dengan para professional akuntansi yang Secara tradisional didominasi pria dan perbedaan ini tidak diakomodasi dalam awal program pelatihan profesional, maka hal ini dapat mendatangkan kemungkhn tantangan untuk pelatihan dan sosialisasi d o n pegawai baru yang memasuki profesi Penelitian ini bertujuan untuk menginvesfigasi pengaruh perbedaan gender dan disiplin akademis terhadap penilaian etika mahasiswa yang berasal dari disiplin akademis akuntansi, manajemen, dan non akuntansi dan manajemen sebagai calon pegawai potensial KAP. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa tingkat sarjana dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan T-test dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat indikasi adanya perbedaan penilaian etika antara don pegawai pria dan wanita. Hail yang lain adalah bahwa calon pegawai dari disiplin akademis akuntansi memandang beberapa tindakan dari perspekti€ etika yang berbeda dibandingkan dengan calon pegawai dari disiplin akademis yang lainnya.

The increased diversity arising from hiring women and nonaccounting majors by public accounting firms present challenges for the professional development and training of new recruits. If the ethical judgment of women and students from nonaccounting disciplines differs from the traditional maledominated accounting professional and these differences are not addressed in early professional training programs, this could represent possible challenges to the training and socialization of new reamits entering the profession. This study tests the effect of gender and discipline-based differences in ethical judgment among subjects from the disciplines of accounting, management, and other disciplines. The sample consists of students from many universities in Indonesia. The hypotheses are tested using the T-test and ANOVA. Resdts indicate that women consistently Werent ethical judgment than men and there is some evidence that subjects from the accounting discipline viewed some aciions fiom a different ethical perspective than s u mfr om other disciplines.

Kata Kunci : Akuntan Publik,Gender,Etika Profesi, gender, academic discipline, and ethical judgments


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.