PERANAN TOUR PLANNER TERHADAP KEDATANGAN WISATAWAN KE DAYA TARIK WISATA KOTA YOGYAKARTA
KENSRIE DIAH AYUNINGTYAS, Prof. Dr. Marsono, S.U.
2014 | Skripsi | PARIWISATAKeberagaman daya tarik wisata yang ada di Kota Yogyakarta terbagi menjadi beberapa data tarik wisata yaitu daya tarik wisata budaya, daya tarik wisata museum, daya tarik wisata pendidikan, daya tarik wisata belanja, kampung wisata dan event – event tahunan Kota Yogyakarta. Keberadaan para tour planner di Kota Yogyakarta dapat mendukung atas kedatangan wisatawan ke Kota Yogyakarta. Letak geografis Kota Yogyakarta yang berada di pusat wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu faktor pendukung para tour planner dalam menyusun paket wisata selain lokasi daya tarik wisata, harga tiket masuk daya tarik wisata, daya tariknya, serta kepopuleran daya tarik wisata tersebut. Peneliti tertarik melakukan penelitian dan membahas tentang peranan tour planner terhadap kunjungan wisatawan ke daya tarik wisata ke Kota Yogyakarta untuk mengetahui sejauh mana peranan mereka dalam hal tersebut. Penelitian dilakukan dengan menitik beratkan pada aspek daya tarik wisata serta aspek peranan para tour planner. Tour planner yang ada di wilayah Kota Yogyakarta tidak semua berperan dalam tour, dari hasil penelitian hanya 33 travel agent yang menangani tour. Dari 33 travel agent penulis mengambil sample 3 travel agent yang mengani tour. Ketiga travel agent tersebut mempunyai ciri khas dalam paket – paket wisata yang ditawarkan kepada wisatawan . Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi di lapangan, wawancara dengan para pemangku kepentingan. Fokus penelitian ini dilakukan pada aspek teknis dan operasional wisatawan. Aspek teknis dan operasional yang dimaksud adalah tentang peranan para tour planner dalam menyusun paket wisata dengan adanya daya tarik wisata Kota Yogyakarta didalamnya dan melihat daya tarik setiap daya tarik wisata yang ada di Kota Yogyakarta melalui beberapa faktor yaitu lokasi, harga tiket masuk, daya tarik, kepopuleran, serta adakah peranan tour planner dalam memasarkan daya tarik wisata tersebut.
The tourist attraction diversity in Yogyakarta City divided by several thing that is the culture tourist attraction, the museum tourist attraction, education tourist attraction, tour village and annual events. Existence of tour planners in Yogyakarta City can support tourist arrival to Yogyakarta City, Geographically the city of Yogyakarta lies at the centre in the region of Daerah Istimewa Yogyakarta that is why one of point factor tour planners to put up tour package besides the located, the entrance fee, attractionally, and famously the tourist attraction is. Compiler interested the examination and study a role tour planner to arrivaling tourist to the power attraction in Yogyakarta City for knowing the role tour planning can did that. The examination done by the centre of gravity for aspect tourist attraction and role tour planner. Less of tour planner that still exist in Yogyakarta City are not participate in a tour, from the research in 33 travel agent that managed the tour. Author put in 3 samples of 33 travel agent that managed are tour. From that samples, there are some characteristics in the tour package that offered to the tourists. Data collection was done by making direct observation in the field and interviews with stokeholders. The focus do at technique aspect and tourist operational. Technique aspect and operational which means role tour planners to put up the tour package with tourist attraction Yogyakarta City inside it, and saw every tourist attraction via some factor that is located, entrance fee, attraction,famously and tour planner roled up to promoted the objects.
Kata Kunci : peranan tour planner, daya tarik wisata, paket wisata