REDESAIN PASAR INDUK BUAH DAN SAYUR GEMAH RIPAH GAMPING, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
SUHARSINI, Ir. Agus Prasetya, M.Eng.Sc.,PhD
2014 | Tesis | S2 Mag.Sistem TeknikPasar apapun bentuknya merupakan tempat yang pasti akan didatangi oleh masyarakat untuk membeli bahan kebutuhan pokok, baik itu pasar tradisional maupun pasar modern. Dalam hal ini pasar tradisional lebih mencakup semua lapisan masyarakat mengingat keberadaannya sudah sejak jamam dulu. Sekarang pasar tradisional mulai ditinggalkan oleh pembelinya karena keberadaannya yang identik dengan citra negatif . Kondisi yang tidak nyaman inilah yang menyebabkan pasar tradisional mulai tergeser oleh pasar modern yang mempunyai berbagai kelebihan seperti ruangan ber AC, bersih, harum, tertata rapi, barang yang ditawarkan juga lebih beragam. Namun demikian dengan segala keterbatasannya pasar tradisional mempunyai beberapa kelebihan seperti harga relative lebih murah, tidak kena pajak, lokasi strategis dan dapat membeli sesuai dengan kebutuhan. Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat pasar tradisional tetap diminati oleh masyarakat meskipun kurang nyaman. Pasar sebagai pusat aktifitas pada prinsipnya harus myaman, aman, bersih, murah, dengan fasilitas yang memadai. Untuk memenuhi prinsip tersebut yang nyaman bukan hanya pasarnya saja tetapi juga meliputi bangunan, site plan, serta lingkungan sekitar. Untuk membuat hal tersebut terpenuhi dapat menggunakan desain yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, sehingga dapat memberikan dampak sekecil mungkin dengan manfaat yang besar. Dengan meningkatkan kenyamanan, maka pasar tradisional akan dapat tumbuh dan bangkit kembali, apalagi seandainya pasar tradisional dapat dikemas menjadi salah satu tujuan wisata khusus, maka akan dapat menggerakkan roda perekonomian di tingkat masyarakat yang ada di pasar tersebut.
Market whatever it is definitely a place that will be visite by the public for the purchase of basic commodities, both traditional market and modern markets. In this case the more traditional markets include all walks of life to remember its existence has been since jamam first. Now traditional markets began to be abandoned by the purchaser due to the presence synonymous with a negative image. Uncomfortable condition that causes traditional markets began shifting to a modern market that has many advantages such as air conditioned rooms, clean, fragrant, well-arranged, the goods offered are also more diverse. However, with all the limitations of traditional markets have several advantages such as relatively cheaper price, are nor taxable, strategic location and can be purchased as needed. Advantages that makes traditional markets remain attractive to the public, though less convenient. Markets as the center of activity in principle should myaman, safe, clean, cheap, with adequate facilities. To meet these principles are comfortable not only market but also includes building, site plan, as well as the surrounding envitonment. To make it can be fulfilled using sustainable design and environmentally friendly, so it can have an impact as small as possible with great benefits. By increasing the comfort, the traditional market will bi able to grow and rise again, especially if the traditional markets can be packed into one particular tourist destination, it will be able to move the wheels of the economy at the community level in the market.
Kata Kunci : pasar tradisional, pasar modern, infrastruktur, redesain