Laporkan Masalah

PELATIHAN MANAJEMEN DIRI BERBASIS INTERNET UNTUK MENURUNKAN DISTORSI KOGNITIF PADA REMAJA YANG MENGALAMI DEPRESI

Novi Rahmawati, Dr. Neila Ramdhani, M.Si., M.Ed., Psi

2014 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Distorsi kognitif merupakan prediktor utama pada depresi yang mampu mempengaruhi perasaan dan perilaku hingga mempertahankan kondisi depresi mereka. Manajemen diri terbukti efektif mengatasi distorsi kognitif pada gangguan depresi karena memberikan pengetahuan serta keahlian yang dapat digunakan untuk menurunkan distorsi kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelatihan manajemen diri berbasis internet untuk menurunkan distorsi kognitif pada remaja yang mengalami depresi. Sembilan belas subjek subjek yang telah memenuhi kriteria inklusi dibagi ke dalam dua kelompok perlakuan, sebelas subjek pada kelompok eksperimen mendapatkan pelatihan selama empat sesi dan diukur dengan menggunakan skala Cognitive Distortion Scale (CDS), DSM Screener for Depression, lembar observasi bagi observer, dan tugas yang dikerjakan selama sesi. Delapan subjek pada kelompok kontrol mendapatkan pelatihan setelah kelompok eksperimen selesai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan disain penelitian disain campuran yang menggabungkan pengukuran berulang dan independent design. Berdasarkan hasil analisis menggunakan anava campuran menunjukkan terdapat perbedaan perubahan tingkat distorsi kognitif yang signifikan pada kedua kelompok perlakuan berdasarkan waktu pengukuran (F=8,363; p<0,1). Hasil rata-rata penurunan tingkat distorsi kognitif pada kelompok eksperimen mengalami penurunan dan bertahan hingga 1 minggu setelah diberikan perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil ini membuktikan keberhasilan efektivitas pelatihan manajemen diri berbasis internet untuk menurunkan distorsi kognitif serta memiliki efek jangka panjang.

Cognitive distortion is main predictor of depression that influence feeling and behavior as well as maintain the condition of depression. Self-management was effective overcoming cognitive distortion in depression because it provides knowledge and skill that can be used in reduced cognitive distortion. The aim of this study was examined the effectiveness of internet-based self-management training to decreased cognitive distortion in depressed adolescence. Nineteen of subjects who met the criteria of inclusion divided into two group, eleven subjects in experimental group and participating in a four sessions and measured by Cognitive Distortion Scale (CDS), DSM Screener for Depression, observational form for observer, and assignment during sessions. Eight subjects in control group received training after experimental group done. This study used quasi experiment with mixed design that combined repeated measures and independent designs. Anova mixed design analysis showed that there were significant differences between group according to interaction time (F=8,363; p<0,1). Results from mean showed that experimental group has decreased in cognitive distortion and were sustained at 1-weeks follow up than control group. The results showed that self-management training effectively work in reducing cognitive distortion and also has a long-term effect

Kata Kunci : distorsi kognitif, pelatihan manajemen diri berbasis internet, remaja, eksperimen kuasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.