Laporkan Masalah

KEBEBASAN KEHENDAK (FREE WILL) DAVID RAY GRIFFIN DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT AGAMA

VICTOR DELVY TUTUPARY, Dr. M. Mukhtasar Syamsuddin

2014 | Tesis | S2 Ilmu Filsafat

Manusia kontemporer semakin menyadari bahwa kebebasan adalah bagian utama dan integral yang harus ada di dalam dirinya. Kebebasan telah menjadi common sense bagi manusia modern. Agama juga turut mewarnai persoalan kebebasan kehendak, bahkan membawa implikasi yang serius. Dengan demikian, penelitian Kebebasan Kehendak (Free Will) David Ray Griffin dalam Perspektif Filsafat Agama, bertujuan untuk mendeskripsikan persoalan kebebasan kehendak secara umum, kemudian mendeskripsikan pokok-pokok pemikiran Griffin, dan menganalisis pemikiran Griffin mengenai kebebasan kehendak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni dengan melakukan studi kepustakaan atas pelbagai karya David Ray Griffin dan dari sejumlah buku primer dan sekunder. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yakni: inventarisasi data, pengklasifikasian data, analisis data, dan penyajian data. Data dianalisis dengan menggunakan perangkat metodis, antara lain: interpretasi, holistika, kesinambungan historis, dan juga menggunakan metode heuristika untuk menganalisis konsep pemikiran Griffin dalam konteks keindonesiaan. Hasil penelitian: Pertama kebebasan kehendak adalah kemampuan seorang individu untuk memutuskan dan bertindak dengan kontrol penuh tanpa ada paksaan dari luar. Persoalan kebebasan kehendak adalah persoalan yang timbul di seputar perdebatan antara kubu yang meyakini akan adanya kebebasan kehendak dan kubu yang menolak adanya kebebasan kehendak (determinisme). Perdebatan tersebut melahirkan dua pandangan utama yaitu Kompatibilisme dan Inkompatibilisme. Kedua, pemikiran Griffin terdiri atas teologi proses dan teologi postmodern. Teologi proses berdasarkan pada konsep proses, kepuasan, keterhubungan esensial, inkarnasi, penentuan-diri yang kreatif, ekspresi-diri yang kreatif, kebaruan, dan keterhubungan-Tuhan. Teologi postmodern adalah kritik terhadap dua tahap pandangan dunia modern yang bercorak dualistiksupernaturalistik dan materialistik-ateistik, dengan mangajukan sebuah visi postmodern konstruktif, yang berdasarkan pada spiritualitas antiindividualistik, organisisme, tradisionalisme transformatif, panenteisme naturalistik, dan postpatriarkal. Ketiga, konsep Griffin tentang kebebasan kehendak terbagi dalam kebebasan kosmologis, teologis dan aksiologis. Secara kosmologis manusia adalah makhluk yang memiliki level kebebasan yang tinggi sebab kutub jiwa yang dominan dalam diri manusia memiliki kemampuan untuk melakukan penentuan arah diri yang bebas. Secara teologis, sifat Tuhan yang tidak “memiliki semua kekuasaan” dan adanya daya kreativitas di dalam diri manusia membuat manusia memiliki kebebasan yang sejati. Secara aksiologis, manusia memiliki kebebasan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai ideal berdasarkan simpati dan pluralisme yang menolak klaim kebenaran absolut, menolak penyamaan semua agama, dan lebih mengutamakan dialog yang mendalam.

The contemporary human have becoming more aware that freedom is the most primary and integral part that must have existed within us. Freedom has become common sense for modern man. Religion has contributed to the problem of free will, it has also bring serious implication for the problem. Therefore, the study of David Ray Griffin’s Free Will in Philosophy of Religion Perspective aimed to describe the problem of free will in general, and then to explain the main points of Griffin’s thought on this issue, and in the end to analyze his ideas on free will. This study is using qualitative method with literature research on Griffin’s works and some primary and minor books. This research was conducted in three stages, namely: data inventory, data classification, data analysis, and data presentation. The data were analyzed by some methodical devices, such as: interpretation, holistics, historical continuity, and also use heuristics method to analyze Griffin’s conception in Indonesia context. The results of the study are: Firstly, free will is an individual ability to have full control of his or her act and decision without any pressure from others. The problem of free will emerge from the debate between those who believe the very existence of free will and those who against it (determinism). This debate has bring forth two main views: Compatibilism and Incompatibilism. Secondly, Griffin’s ideas consists of process theology and postmodern theology. Process Theology is based on the concept of process, enjoyment, essential relatedness, incarnation, creative self-determination, creative self-expression, novelty, and God-relatedness. Postmodern theology is a critique for two stages of modern view with its dualistic-supernaturalistic and materialistic-atheistic character, and propose a constructive postmodern vision, based on anti-individualistic spirituality, organicism, transformative traditionalism, naturalistic panentheism, and post-patriarchal. Thirdly, Griffin’s conception of free will is divided into cosmology, theology, and axiology freedom. In cosmology freedom, human are creatures with high level of freedom since the dominant poles of the soul in human beings have enabled us to have a free self-determination. In theology freedom, the nature of God that not “all-powerful” and the existence of creativity power within human had made us seize a true freedom. In axiology freedom, human have freedom to form the ideal values based on sympathy and pluralism that renounce absolute truth claim, reject religion uniformity, and focus on deep dialogue.

Kata Kunci : Kebebasan kehendak, kreativitas, penentuan-diri, Free will, creativity, self-determination


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.