Laporkan Masalah

EFEKTIVITAS PERMAINAN EDUKATIF KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL PADA ANAK USIA PERTENGAHAN

MAHARDIKA SUPRATIWI, Prof. Dr. Endang Ekowarni

2014 | Tesis | S2 Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan edukatif kartu kuartet dalam meningkatkan kecerdasan moral pada anak usia pertengahan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain untreated control group design with dependent pretest and posttest. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelompok dari dua sekolah yang berbeda di daerah Surakarta, yaitu 15 anak pada kelompok eksperimen dan 16 anak pada kelompok kontrol. Perlakuan berupa permainan edukatif kartu kuartet diberikan kepada kelompok eksperimen selama tiga kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Pengetahuan Kecerdasan Moral (TPKM) dan Skala Kecerdasan Moral (SKM). TPKM diberikan kepada kelompok eksperimen sebelum pretest dan posttest SKM, sedangkan SKM diberikan kepada kedua kelompok sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil uji Analisis Kovarian (Anakova) menunjukkan bahwa ada perbedaan kecerdasan moral yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan edukatif kartu kuartet berupa peningkatan kecerdasan moral pada anak usia pertengahan.

The study aimed to examine the effectiveness of quartet card educational games in fostering moral intelligence in middle-aged children. A study conducted in Surakarta involved 15 children grouped as an experimental group and 16 children grouped as a control group. A quasi-experimental design was used to see the difference between the experimental group and the control group. The experimental group played the quartet card games three times meeting. The instruments used in this study were Moral Intelligence Comprehension Test (TPKM) and Moral Intelligence Scale (SKM). TPKM was ascribed to experimental group in prior to pre-test and post-test, while SKM scale was attributed to both groups, before and after the experiment. According the ANCOVA analysis, there is a significant difference between the experimental group and the control group in terms of moral intelligence, indicating that the experimental groups remarkably has higher moral intelligence score than the control group. Therefore, the quartet card educational games might enhance middle-aged children's moral intelligence.

Kata Kunci : kecerdasan moral, permainan edukatif kartu kuartet, anak usia pertengahan, moral intelligence, quartet-card educational games, middle-aged children


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.