Laporkan Masalah

KEBERTERIMAAN PENGGUNA (MAHASISWA) TERHADAP SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS AIRLANGGA CYBERCAMPUS (UACC)

Novita Dwi Anawati, Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto, DESS, DEA.

2013 | Tesis | S2 MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Mekanisme pelaporan penyelenggaraan pendidikan dan administrasi pengelolaan perguruan tinggi dapat dilakukan lebih baik, efektif, dan efisien dengan adanya sistem informasi akademik. Universitas Airlangga mengembangkan konsep sistem informasi akademik perguruan tinggi yang komprehensif, yaitu yang dikenal dengan nama Universitas Airlangga CyberCampus (UACC). Sistem informasi akademik UACC yang komprehensif seharusnya dapat berhasil dalam penerapannya dan diterima oleh penggunanya. Salah satu faktor penentu keberhasilan dalam penerapan sebuah sistem yaitu ketika sistem dapat diterima oleh pengguna. Salah satu teori yang banyak digunakan sebagai acuan dalam pengukuran penerimaan pengguna terhadap sistem informasi adalah Technology Acceptance Model (TAM). Studi ini dilakukan untuk memprediksi keberterimaan pengguna (mahasiswa) terhadap sistem informasi akademik UACC dengan menggunakan pemodelan TAM yang diadopsi dari Davis (1989), Hu, dkk. (1999), Davis dan Venkatesh (2000). Prediksi keberterimaan dilakukan melalui pengujian hubungan antar variabelvariabel pembangun TAM dengam metode analisis Structural Equation Modeling (SEM). Data yang digunakan sebagai dasar pengujian diperoleh dari jawaban kuesioner yang didistribusikan pada 220 orang mahasiswa (S1 dan D3). Hasil studi menjelaskan bahwa minat menggunakan (intention to use) dipengaruhi secara tak langsung oleh kebergunaan persepsian (perceived usefulness) dan kemudahan penggunaan persepsian (perceived ease of use) melalui pernyataan sikap menggunakan oleh pengguna (attitude toward using). Sikap responden untuk menggunakan memiliki pengaruh kuat terhadap minat untuk menggunakan. Berdasarkan temuan tersebut dapat dikatakan bahwa keberterimaan pengguna (mahasiswa) terhadap UACC adalah positif, yang artinya mahasiswa menerima untuk menggunakan UACC dalam proses administrasi akademik. Minat pengguna (mahasiswa) untuk selalu menggunakan UACC karena adanya kewajiban menggunakan aplikasi tersebut untuk keperluan administrasi akademik.

Reporting mechanism for education and administrative management of the university should be better, effective, and efficient with the academic information system. Airlangga University has been developing the concept of an academic information system comprehensively. Academic information system is known as the University of Airlangga CyberCampus (UACC). Comprehensive academic information system is supposed to work in practice and accepted by users. One of the critical success factors in the implementation of a system is when the system acceptable to the user. This study was conducted to predict the acceptability of user (student) of the UACC using TAM modeling adopted by Davis (1989), Hu, et al. (1999), Davis and Venkatesh (2000). Predictions made by testing the acceptability of the relationship between TAM variables with analysis method of Structural Equation Modeling (SEM). Data retrieved by distributing questionnaires to 220 students (S1 and D3). The study explains that intention to use are not directly affected by perceived usefulness and perceived ease of use through the attitude toward using. Attitude toward using has a strong influence on the intention to use. Based on these findings it can be said that the acceptance by the user (student) of the UACC is positive, it means the students receive for use in academic administration process. User’s intention (students) to use the UACC under an obligation to use the application for academic administration process.

Kata Kunci : Sistem Informasi Akademik, Technology Acceptance Model (TAM), Structural Equation Modeling (SEM)


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.