PENGARUH PUSAT PERBELANJAAN TERHADAP PERDAGANGAN DAN JASA DI SEKITARNYA DI KOTA JAMBI
Setyasmoko Pandu H, M. Sani Roychansyah, S.T., M.Eng., D. Eng; Ir. Agam Marsoyo, M.Sc., Ph.D.
2014 | Tesis | S2 Magist.Prnc.Kota & DaerahPusat perbelanjaan menjadi pilihan bagi konsumen untuk berbelanja sehingga pusat perbelanjaan menjadi salah satu pusat aktivitas masyarakat kota. Untuk itu, manajemen pusat perbelanjaan akan melakukan berbagai upaya agar mengundang banyak konsumen untuk datang ke pusat perbelanjaan tersebut. Pemusatan aktivitas tersebut memunculkan peluang bagi perdagangan dan jasa di sekitar pusat perbelanjaan. Saat ini, Kota Jambi sebagai pusat pelayanan perdagangan dan jasa memiliki 11 pusat perbelanjaan. Kondisi tersebut memunculkan pertanyaan bagaimana pengaruh pusat perbelanjaan terhadap perdagangan dan jasa yang ada di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengidentifikasi pengaruh yang ditimbulkan dari pusat perbelanjaan terhadap perdagangan dan jasa di sekitarnya dan (2) untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan perdagangan dan jasa di sekitar pusat perbelanjaan di Kota Jambi pada saat ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deduktif-kualitatif dan metode analisis sebelum dan sesudah adanya pusat perbelanjaan. Penelitian ini melakukan wawancara terhadap 21 responden yang terdiri dari 16 responden dari pelaku perdagangan dan jasa, dan 5 (lima) responden dari aparat Pemerintah Kota Jambi. Lokasi penelitian dilaksanakan di sekitar pusat perbelanjaan Jambi Prima Mall dan pusat perbelanjaan Jambi Town Square, karena (1) lokasi yang diluar daerah pusat perniagaan (CBD), (2) penggunaan lahan di sekitar pusat perbelanjaan bervariasi, dan (3) memiliki manajemen pengelola yang sama. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengaruh pusat perbelanjaan terhadap perdagangan dan jasa di sekitarnya adalah (1) peningkatan jumlah unit, (2) perubahan lokasi, (3) peningkatan luas perunit kegiatan, (4) kemudahan mengenali lokasi, (5) perubahan kelancaran akses, (6) peningkatan pemanfaatan ruang perdagangan dan jasa serta (7) perubahan fungsi bangunan permukiman menjadi bangunan perdagangan dan jasa di sekitarnya. Perkembangan perdagangan dan jasa di sekitar pusat perbelanjaan tidak hanya di pengaruhi oleh keberadaan pusat perbelanjaan tetapi juga dipengaruhi oleh (1) jaringan jalan, (2) fasilitas pendidikan, dan (3) kebijakan pengembangan kota.
A shopping center becomes an option for consumers to shop thus shopping center becomes one of the center of activities of urban communities. Therefore, shopping center management will conduct various efforts to invite more consumers to come to the shopping center. The centralization of those activities will bring up an opportunity for trades and services around the shopping center. Currently, Jambi City as the center of trades and services has 11 shopping centers. This condition leads to a question, how the shopping center influences the surrounding trades and service sectors. The aims of this research are: (1) to identify the influence of shopping centers on trade and service in surrounding area and (2) to identify the factors that influence the development of trades and services around the shopping center at Jambi City at the moment. This research used deductive-qualitative method and before-after analysis regarding the existence of shopping center. This research conducted interviews on 21 respondents; consist of 16 actors from trades and services sector and 5 respondents from the Jambi City government officials. The research is based on Jambi Prima Mall shopping center and Jambi Town Square shopping center, because: (1) the location is outside of the central business district (CBD), (2) there is a variation of land uses around the shopping center, and (3) both have the same management. The result implies that the influence of the shopping center on trading and services surrounding area occurs in terms of: (1) increasing number of units, (2) changing location, (3) increasing activity area per unit, (4) easily-recognized location, (5) changing accessibility, (6) increasing use of space as well as trade and services, and (7) transformation of the functions of building, from residential to commercial building. The development of trading and services around shopping centers occurs not only due to the existence of the shopping center but also the influence of (1) urban networking system, (2) education facilities, and (3) urban development policies.
Kata Kunci : Pusat Perbelanjaan, Perdagangan dan Jasa, Kota Jambi