KEPUASAN PENGUNJUNG MUSEUM PUSAT TNI AD DHARMA WIRATAMA SERTA KONSEP PENGEMBANGANNYA
AISHA ASTRIECIA, Yulita Kusuma Sari, S.T., M.Sc.
2014 | Skripsi | PARIWISATAMuseum Pusat TNI AD Dharma Wiratama merupakan salah satu museum yang terdapat di Yogyakarta. Museum yang dikelola oleh TNI dan beberapa staf PNS ini memiliki keistimewaan tersendiri karena benda koleksi dan cerita sejarah yang ada hanya yang berhubungan dengan perjuangan TNI AD dalam memperjuangkan kemerdekan RI. Museum ini berada dibawah pengawasan Dinas Sejarah Angkatan Darat bukan Dinas Pariwisata. Untuk itu, museum ini tidak memungut retribusi bagi pengunjungnya serta penggunaan jasa pemandu karena adanya larangan untuk pemungutan biaya atau retribusi dari Disjarahad tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tingkat kepuasan pengunjung berdasarkan kualitas produk, ketersediaan fasilitas, dan pelayanan, potensi pengembangan, serta permasalahan yang terdapat di museum ini. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data primer yaitu dengan survei, observasi langsung ke Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama, penyebaran kuisioner, dan wawancara dengan pengunjung, serta dengan data sekunder berupa dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sebagian besar pengunjung Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama sudah puas atas kualitas produk, ketersediaan fasilitas, dan pelayanan yang diberikan. Selain itu, museum ini memiliki potensi untuk dikembangkan ke arah wisata edukasi sejarah apabila dilihat dari pangsa pasar dan lokasinya. Museum ini juga perlu melakukan promosi ke sekolah dan universitas di sekitarnya agar kunjungan ke museum ini bisa meningkat.
TNI AD Dharma Wiratama Museum is one of museum that is located in Yogyakarta. This museum that is operated by the army and some from the staff of civil servants has its own previleges because its collection and historical story only associated with the struggle of Indonesian army for Indonesia’s independence. This museum is under supervision of Disjarahad, its not Tourism Agency. Therefore, this museum does not take enterance fee and also guide service’s fee from the visitors. In addition, there is a prohibition to take some kind of fee to the visitor from Disjarahad. The purpose of this research is to analyzed and find out the level of satisfaction of the visitors based on products’ quality, availability of fasilities, and services, developing potential aspect, and museum’s issues or problems. The research was conducted by collecting primary data by surveys, direct observation to TNI AD Dharma Wiratama Museum, questionnaires, and interview with visitors, as well as the secondary data in the form of documentation. Based on this research, it is known that most of TNI AD Dharma Wiratama Museum’s visitors have already felt satisfied with its product quality, availability of facilities, and services. In addition, this museum has some potential aspects to be developed towards educational history tour based on its marketing target and location. The museum also needs to do promotion to the nearest school and universities, so that a visit to this museum can be increased.
Kata Kunci : Museum Dharma Wiratama, kepuasan pengunjung, psikologi wisatawan, wisata edukasi sejarah.