Laporkan Masalah

PROCEDURAL CONTENT GENERATION PADA PENGEMBANGAN GAME JENIS DUNGEON CRAWLER DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA JAVAFX

LANGIT LINTANG S., Nur Rokhman, S.Si, M.Kom

2012 | Skripsi | ILMU KOMPUTER

Proses pembuatan Video Game melibatkan Game Design. Salah satu bagian dari Game Design adalah Level Design. Level Design adalah proses perancangan level-level dalam sebuah Game. Pada umumnya, Level Design dilakukan secara manual. Cara ini memakan banyak waktu dan tenaga kerja manusia. Procedural Content Generation dapat memangkas waktu dan tenaga kerja manusia yang digunakan dalam proses Level Design. Procedural Content Generation merupakan suatu cara yang menggunakan algoritma-algoritma tertentu untuk membantu membuat Content. Dalam kasus Level Design, Content tersebut adalah level-level dalam Game. Dalam skripsi ini, akan dibahas secara tuntas pembuatan sebuah Game berjenis Dungeon Crawler menggunakan bahasa pemrograman JavaFX, yang menggunakan Procedural Content Generation dalam Level Design-nya, sebagai contoh atau Proof-of-Concept. Sebagai hasilnya, dibuatlah game Adventure Cave. Game ini berhasil mengaplikasikan Procedural Content Generation pada Level Design, sehingga desain level akan selalu berbeda tiap kali memainkan game ini.

The process of making a Video Game includes Game Design. A part of Game Design is Level Design. Level Design is the process of designing the levels of a Game. Usually, Level Design is done manually. Manual creation of level design takes much time and work. Procedural Content Generation, can cut down the time and work for the Level Design process. Procedural Content Generation is a way of using certain algorithms to create the Content. In the case of Level Design, the Content are the levels inside a Game. In this paper, we will dissect in detail the creation of a Dungeon Crawler Game using JavaFX programming language, which uses Procedural Content Generation in its Level Design process, as an example or Proof-of-Concept. The result is a game, titled Adventure Cave. The game successfully applied Procedural Content Generation in its Level Design, so the level design will be different every time the game is played.

Kata Kunci : Video Game, Game Design, Level Design, Dungeon Crawler, Procedural Content Generation, Proof-of-Concept


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.