PENGARUH VARIASI TEGANGAN LISTRIK FUELPUMP YAMAHA VIXION TERHADAP EMISI GAS BUANG dan KONSUMSI BAHAN BAKAR
AGUS ZAKI YAMANI, Ir.Andri Surjaka Isp., MT.
2014 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESINTugas Akhir ini mencoba melihat penggunaan kendaraan bermotor yang semakin bertambah pesat, begitu pula emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar emisi gas buang dari kendaraan bermotor dan tingkat konsumsi bahan bakar. Yamaha Vixion FI 150 cc adalah bahan yang di gunakan pada pengujian ini. Salah satu inovasi yang dapat diambil dari tugas akhir ini adalah pemvariasian tegangan listrik. Variasi tegangan listrik (10 V, 12 V dan 14 V) digunakan untuk mengetahui efek dari variasi tegangan listrik pada fuel pump. Hasil pengujian menunjukan bahwa pemvariasian tegangan listrik dapat dijadikan sebagai perbandingan kadar emisi gas buang. Dengan menggunakan ketiga variasi tegangan listrik tersebut juga dapat mengetahui tingkat konsumsi bahan bakar. Variasi tegangan disini diperoleh data penurunan/keiritan yaitu pada tegangan 10 V untuk konsumsi bahan bakar. Dan juga penurunan kadar emisi gas buang yang paling baik pada penggunaan tegangan listrik 10V pada 2000 rpm.
The researcher attemps using motor vehicle exhaust gas emission rapidly developed and high of fuel consuming in society. Therefore, the aim of the research are to know content of exhaust gas emission from motor vehicle and level of fuel consuming. Yamaha Vixin 150 cc was a tool material that used in this experiment. One of innovation from this final duty was variation of fuel pump electric voltage. Electric voltage variations (10 V, 12 V and 14 V) were used to know the effect of electric voltage variation on fuel pump. The result of the experimentation shows that, the variation of electric voltage can be a comparison of exhaust gas emission with using three kinds of electric voltage. The variation of electric voltage can know level of fuel consuming. From the experiment, the researcher gets reduction data of fuel consuming at 10 volt and also get optimum reduction of exhaust gas emission in using10 Volt at2000rpm.
Kata Kunci : -