PENGARUH BAURAN PEMASARAN MINYAK ANGIN AROMATHERAPY FRESH CARE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA KONSUMEN MAHASISWA UNIVERSITAS GADJAH MADA
DIMAS NICKO A, Dr. Satibi, M.Si., Apt.
2012 | Skripsi | OBAT ALAMIDewasa ini, minyak angin tidak hanya digunakan oleh orang tua tetapi juga oleh golongan-golongan muda. Fresh Care sebagai salah satu minyak angin aromaterapi berbentuk roll on merupakan salah satu produk yang dicari di pasar karena fungsinya dan penggunaannya yang mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian Fresh Care pada konsumen mahasiswa UGM serta komponen bauran pemasaran yang paling berpengaruh. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian asosiatif. Cara pengambilan data adalah dengan mengumpulkan data melalui kuesioner dari responden mahasiswa UGM yang pernah menggunakan minyak angin aromatherapy Fresh Care. Jumlah responden yang dilibatkan adalah 105 mahasiswa dari 10 fakultas di UGM. Data diolah dengan analisis regresi linier sederhana maupun berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung variabel produk, harga, dan tempat distribusi berturut-turut bernilai 3,043; 2,873; 3,513. Oleh karena t hitung > t tabel maka variabel produk, harga, dan tempat distribusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan harga t hitung variabel promosi < t tabel. Berdasarkan hasil regresi linier berganda F hitung variabel produk, harga, dan tempat distribusi memiliki nilai sebesar 7,562 sedangkan F tabel bernilai 2,695 yang menunjukkan bahwa F hitung > F tabel. Oleh karenanya secara bersama-sama variabel produk, harga, dan tempat distribusi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa UGM. Berdasarkan nilai koefisien regresi dan nilai R square pada regresi sederhana diketahui bahwa variabel tempat distribusi merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa UGM.
Nowadays, medicinal oil not only used by the old but also the young groups. Fresh Care as one of the aromatherapy medicinal oil with roll on shaped is one of the sought after products in the market because of its function and ease of use. The purpose of this study is to know the influence of marketing mix consists of product, price, distribution, and promotion on purchase decisions of consumers Fresh Care at UGM students and components of the most influential marketing mix. This study is included in the study associative. Data collection method is to collect data through questionnaires from respondents UGM students who had used Fresh Care aromatherapy medicinal oil. Number of respondents invovlved were 105 students from 10 faculty at UGM. Data processed by simple linear regression and multiple linear regression analysis with the help of SPSS. The results showed that t count the variables of product, price, and distribution of consecutive worth 3,043 ; 2,873 ; 3,513. Therefore t count > t table the variables of product, price, and distribution significantly influence on purchasing decisions while promotions variable t count < t table. Based on the results of multiple linear regression the variables of product, price, and distribution F count has a value of 7,562 while the F table values 2,695 which indicates that the F count > F table. Therefore together variables of product, price, and distribution have significant influence on UGM students purchasing decisions. Based on regression coefficients and the R square in simple regression is known that the variable distribution is the variables that most influence UGM students purchase decision.
Kata Kunci : bauran pemasaran, Fresh Care, mahasiswa UGM, keputusan pembelian.