KETURUNAN ARAB DALAM FILM INDONESIA (Representasi Keturunan Arab di Jakarta dalam Film 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta)
NURUL TANTIA PURWANDINI, Drs. Budhy Komarul Zaman, S.IP., M.Si.
2014 | Skripsi | Ilmu KomunikasiPenggambaran mengenai etnik tertentu dalam film adalah sesuatu yang menarik untuk digali lebih dalam. Penulis mengangkat judul Keturunan Arab dalam Film Indonesia sebagai bahan penelitian. Film 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta karya sutradara Beni Setiawan dipilih menjadi sasaran penelitian karena film ini mengangkat tema yang erat kaitannya dengan etnisitas yaitu Keturunan Arab di Jakarta. Perumusan masalah dalam film ini adalah bagaimana sosok keturunan Arab direpresentasikan dalam film 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta dan bagaimana relevansinya dengan realitas yang ada di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggambaran sosok keturunan Arab dalam film 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta dengan mencari tahu apa saja mitos dan simbol yang dilekatkan pada keturunan Arab di Jakarta. Diharapkan penelitian ini bermanfaat untuk memberikan sudut pandang baru dalam menangkap muatan pesan dalam sebuah film. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode semiotik. Peneliti memakai dasar teori Barthes karena semiotik Barthes cocok digunakan untuk menganalisis film. Ini dikarenakan film juga merupakan sebuah produk budaya yang memiliki struktur atau tatanan sendiri seperti dalam bahasa. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah teori film dan semotika, Dinamika keturunan Arab di Indonesia, serta keturuan Arab dalam sinema Indonesia serta teori semiotik Barthes. Unit analisis penelitian ini adalah plot, scene-scene, dan dialog yang mempunyai relevansi dengan rumusan masalah. Data primernya berasal dari file digital film 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta sedangkan data sekundernya adalah studi pustaka yang diperoleh dari artikel, buku, maupun sumber dari internet. Analisis dilakukan dengan mengklasifikasi data kemudian menginterpretasikannya. Dari hasil analisis dan interpretasi yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa dalam film 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta sosok keturunan Arab direpresentasikan dengan stereotip ciri fisik, kebudayaan, kepercayaan, bahasa, pakaian, sistem kekerabatan, dan mata pencaharian.
The representation in the movie about a particular ethnic is something interesting to be studied more deeply. The author raised the title Arab descent in Indonesian movie as research material. Movie of 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta directed by Beni Setiawan been the objective of research because it conveys a theme that is closely related to ethnicity is Arab descent in Jakarta. Formulation of the problem in this movie is how the figure of Arab descent represented in the movie of 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta and how its relevance to the realities that exist in society. This study aims to determine the representations of Arab descent in the movie of 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta to find out what are the myths and symbols embedded in Arab descent in Jakarta . This research is expected to provide a new perspective in capturing the message in a movie. This study is a qualitative study using semiotic methods. The researcher uses the basis Barthes semiotic theory for the research because it is suitable to analyze the movie. This is because the film is also a cultural product that has its own structure or order as in language. Literature review that’s been used is film theory and semotic, Dynamics of Arab descent in Indonesia, as well as the Arab descendants in Indonesian cinema and Barthes' semiotic theory. The unit of analysis is the plot, scenes, and dialogue that have relevance to the formulation of the problem . The primary data derived from digital files movie of 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta while secondary data was obtained from the literature study articles, books, and Internet resources. The analysis was performed by classifying the data and then interpreting it. From the analysis and interpretation of which has been conducted, researcher found that in the movie of 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta figure represented the stereotype of Arab descent physical features, culture, beliefs, language, clothing, kinship systems, and livelihoods.
Kata Kunci : Representasi, Film, Keturunan Arab, Semiotika