Laporkan Masalah

Kampanye Komunikasi Publik \"Berani Jujur, Hebat!\" Tahun 2012 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Indonesia

AYU SARTIKA HIASYAH, Dr. Kuskridho Ambardi, M.A.

2013 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

embicarakan masalah korupsi, kolusi, nepotisme, gratifikasi dan segala M persoalan terkait, baik dari penindakan hukum sampai upaya pencegahannya di negara Indonesia, maka tidaklah terlepas dari peranan sebuah lembaga indepeden negara yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Segala bentuk tindakan korupsi pada dasarnya berakar dari sikap tidak jujur dan permisif terhadap kecurangan-kecurangan kecil di lingkungan sekitar. Maka, untuk mencegah korupsi sedini mungkin, KPK mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berani bersikap jujur dan melawan tegas segala bentuk kecurangan yang dimulai dari kehidupan sehari-hari. Untuk melakukan sosialiasi terkait hal tersebut, KPK mengemas sebuah kampanye masif bertajuk “Berani Jujur, Hebat!”. Tujuan dari kampanye ini adalah un Kampanye “Berani Jujur, Hebat!” diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat. “Berani Jujur, Hebat!” diartikan sebagai sebuah ajakan dan seruan untuk senatiasa bersikap jujur dalam segala aktifitas. tuk menyampaikan informasi dan edukasi tentang pencegahan serta pemberantasan tindak pidana korupsi kepada seluruh lapisan masyarakat melalui pesan dan nilai keberanian serta kejujuran sehingga masyarakat dapat menyadari, memahami, dan menerapkan sikap antikorupsi di kehidupan sehari-hari. Jadi, skripsi ini membahas seperti apa KPK mengemas pesan-pesan anti korupsi yang sarat akan terminologi hukum dan administrasi keuangan, menjadi ringan dan dapat diterima dan diaplikasikan oleh masyarakat di segala lapisan lewat strategi kampanye komunikasi publik.

Talking about the problem of corruption, collusion, nepotism, graft and all related issues, both from law enforcement to prevention efforts in Indonesia, it is the role of an institution regardless of the state of the independent institution called Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “ All forms of corruption are basically rooted from dishonest and permissive attitude toward small irregularities in the environment. So, to prevent corruption as early as possible, KPK invites and engaged every single people to be honest and brave firmly against all forms of cheating that starts from daily life. To do the things related socialization, KPK has forms a massive campaign titled Berani Jujur, Hebat!”. “Berani Jujur, Hebat! Campaign ” Organized by the Directorate of Education and Public Services of KPK. “Berani Jujur, Hebat!” Interpreted as an invitation and call to apply an honest attitude in all activities. The goal of this campaign is to provide information and education on the prevention and eradication of corruption at all levels of society through the messages and values of courage and honesty so that people can be aware of, understand, and implement anti-corruption stance in everyday life. Thus, this paper discusses on how KPK form the anti-corruption idea that full of law and financial administration terms, into a simple messageso the public can accept the idea and applied them easily in daily life through public communication campaign strategy.

Kata Kunci : Kampanye Komunikasi, Korupsi, Antikorupsi, KPK, “Berani Jujur, Hebat!”.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.