ANALISIS PEMASARAN PADI DI KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN
R.YUDHA D.P.ADLIN, Prof. Dr. Ir. Masyhuri
2014 | Skripsi | SOS.EK. PERTANIAN (AGROBISNIS)Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui saluran pemasaran dan besarnya bagian marjin pemasaran padi, (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi marjin pemasaran padi, dan (3) mengetahui tingkat monopoli masing-masing lembaga pemasaran. Penelitian ini menggunakan data primer dengan jumlah responden sebanyak 30 petani padi menggunakan metode Simple Random Sampling dan 8 pedagang menggunakan metode Snowball sampling. Penelitian ini menggunakan perhitungan margin pemasaran, analisis regresi linier berganda dan analisis indeks monopoli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang terbentuk ada empat saluran dengan margin pemasaran terbesar terdapat pada saluran IV dan yang terkecil pada saluran III, hal ini ditunjukkan dari membandingkan hasil perhitungan nilai margin pemasaran. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi margin pemasaran padi di Kecamatan Ngemplak adalah harga di tingkat petani yang dilihat dari nilai signifikansi regresi linier bergandanya berada dibawah 0,01 pada tingkat kepercayaan 99%. Lembaga pemasaran yang memiliki nilai indeks monopoli terbesar adalah pedagang pengecer dengan nilai 20,66 dan yang terkecil adalah pedagang pengumpul dengan nilai 2,35 dengan demikian pedagang pengecer adalah lembaga yang paling mendominasi pada saluran pemasaran padi di Kecamatan Ngemplak.
(3) and The This research aims to (1) Determine the magnitude of channel marketing and marketing margin portion of rice, (2) determine the factors that affect rice marketing margins, and determine the level of each monopoly marketing agencies. This research used primary data from 30 rice farmers as respondents using simple random sampling method and 8 traders using snowball sampling method. This study uses the marketing margin calculation, multiple linear regression analysis analysis of monopoly index. results showed that the marketing channels that form four channels with the largest marketing margins contained in the IV line and the smallest on the third line as shown by comparing the results of calculation of the value of marketing margin. Whereas the factors that affect rice marketing margins in District Ngemplak is the price at the farm level that can be seen from the multiple linear regression significance value is below 0.01 at the 99 % confidence level. Marketing agency that has the largest value of the index with a value of 20.66 is the monopoly retailer , and the smallest is the collector value of 2.35, thus retailers are the most dominating for rice marketing channel in District Ngemplak.
Kata Kunci : marjin, pemasaran, indeks monopoli, padi