Laporkan Masalah

Upaya Manajemen Perusahaan Otobus (PO) Sumber Group Dalam Mewujudkan Keselamatan Transportasi

SISWANTO BUDI NUGROHO, Ario Wicaksono, S.IP., M.Si.

2014 | Skripsi | ILMU ADMINISTRASI NEGARA (MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK)

Keselamatan transportasi sudah menjadi salah satu isu penting, apalagi menyangkut keselamatan angkutan umum bus. Kecelakaan bus PO Sumber Group yang dulu bernama PO Sumber Kencono sudah menjadi suatu fenomena. Bus ini memang sering menjadi topik pemberitaan media massa maupun masyakat karena sering mengalami kecelakaan yang fatal dengan jumlah kerugian yang sudah tidak sedikit. Melihat fenomena banyaknya kecelakaan yang melibatkan PO Sumber Group ini besar tuntutan masyarakat untuk mewujudkan angkutan umum yang aman, nyaman, dan selamat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk evauasi manajemen PO Sumber Group dalam mewujudkan keselamatan transportasi angkutan umum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam upaya mewujudkan keselamatan transportasi manajemen melakukan langkah dengan mengevaluasi beberapa aspek : Pertama, aspek teknis dengan mengubah waktu kerja atau shift kerja sopir yang tidak memberatkan dan meremajakan armadanya sesuai dengan standarisasi yang berlaku sekarang ini. Kedua, aspek financial kajian dari aspek ini adalah system pembagian hasil dan memperpendek jalur trayek. Bentuk evaluasi yang dilakukan manajemen lebih pada bentuk kepedulian manajemen dengan kru bus dengan meningkatkan upah. Selain itu, sebagai langkah efisiensi biaya manajemen memperpendek jalur trayek pada jam tertentu dan juga pengalihan jalur untuk trayek Surabaya-Semarang lewat Karangjati tidak lewat madiun seperti bus jurusan lainnya. Ketiga, aspek manajerial dan administrasi, aspek ini lebih pada peningkatan kualitas sumber daya manusia perusahaan khususnya sopir. Pembinaan ini merupakan kerjasama dengan Dinas Perhubungan dan LLAJ Propinsi Jawa Timur. Keempat, aspek sosial budaya, aspek merupakan kontribusi masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan transportasi publik. Bentuk evaluasi ini adalah partisipasi masyarakat sebagai pengawas pelayanan PO Sumber Group, sehingga dengan adanya pengawasan ini dapat meningkatkan pelayanan dan menekan perilaku sopir yang ugal-ugalan di jalan melalui kritik maupun saran masyarakat. Dari bentuk evaluasi yang dilakukan manajemen dapat diketahui bahwa evaluasi yang dilakukan sudah bisa dikatakan optimal walaupun kecelakaan masih terjadi, tetapi jumlah kecelakaan yang melibatkan PO Sumber Group bisa ditekan. masih tingginya kecelakaan yang melibatkan bus-bus PO Sumber Group. Keselamatan merupakan salah satu prinsip dasar dalam penyelenggaraan transportasi. Untuk menjamin keselamatan lalu lintas manajemen PO Sumber Group sebagai penyelenggara transportasi harus berbenah lagi untuk menekan jumlah kecelakaan sehingga mendapat kepercayaan masyarakat.

-

Kata Kunci : Transportasi, Evaluasi Manajemen Keselamatan Transportasi Publik, PO Sumber Group.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.