Laporkan Masalah

KONSUMSI KONTEN MEDIA KOREA DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT MENGONSUMSI PRODUK KOREA

AMELINA FAUZAN LESTARI PUTRI, Pulung Setiosuci Perbawani, S.IP, MM

2014 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Dalam beberapa tahun terakhir, fenomena budaya populer Korea yang dikenal dengan istilah Korean wave atau Hallyu melanda dunia. Seiring dengan kesuksesan produk-produk budaya dan meningkatnya citra negara Korea Selatan, produk-produk industri atau manufaktur Korea juga menjadi semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia. Banyak pula perusahaan Korea yang kemudian secara sengaja menggunakan bantuan produk-produk budaya Korea untuk memasarkan produk-produk industrinya. Secara keseluruhan, penelitian ini membuktikan bahwa konsumsi konten media Korea memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat mengonsumsi produk Korea. Eksposur konten media Korea dan perhatian individu terhadap konten media tersebut menjadi faktor yang paling berperan penting dalam mempengaruhi timbulnya minat mengonsumsi produk. Hasil ini sekaligus mendukung gagasan mengenai peran penting organisme melalui perbedaan individu dalam hal intensitas mengonsumsi konten media Korea, dimana faktor ini berhasil menjadi mediator yang menentukan terjadinya respon berupa minat mengonsumsi produk Korea. Hasil penelitian ini juga mengindikasikan bahwa ada banyak faktor lain yang ikut mempengaruhi minat individu untuk mengonsumsi produk Korea, seperti faktor harga serta faktor kelompok sosial (kelompok pertemanan dan kelompok acuan). Dari hasil survei, diketahui pula bahwa minat perempuan Indonesia untuk mengonsumsi produk-produk Korea cukup besar, dimana alasan utamanya didasarkan pada manfaat dan kelebihan dari produk. Namun, bagi mereka yang merupakan penggemar (audiens tipe dominant) dari budaya pop Korea, minat untuk mengonsumsi produk Korea ini dapat muncul semata-mata hanya karena ia melihat produk tersebut dalam konten media Korea yang dikonsumsinya atau karena artis idolanya juga mengonsumsi produk tersebut.

In the recent years, the phenomenon of Korean popular culture known as Korean wave or Hallyu sweeping the globe. Along with the success of Korean cultural products and the increase of its nation image, products of Korean manufacturing industry also become increasingly recognized by Indonesian public. Many Korean companies then intentionally use Korean cultural products as a tool to market their manufacturing products. Overall, this study proves that the consumption of Korean media content has a significant positive effect towards the interest to consume Korean products. The exposure of Korean media content and individual attention towards it become the most important factors in influencing the emergence of interest to consume Korean products. This result also support the idea about the important role of organism through individual differences in the intensity of consuming Korean media content, which it managed to be a mediator factor that determine the occurrence of a response in the form of interest to consume Korean products. The results of this study also indicates that there are many other factors that influence individual interest to consume Korean products, such as price and social groups (peer group and reference group) factor. From the survey, it is known that the interest of Indonesia women to consume Korean products is quite large, which the main reason is based on the benefits and advantages of the product. However, for those who are fans (dominant audience) of Korean pop culture, the interest to consume these Korean products could emerge solely because they saw those products in the Korean media content they consumed, or because their idol artist also consume these products.

Kata Kunci : Korean wave, konten media Korea, produk Korea, konsumsi, minat


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.