APLIKASI PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI UNTUK PEMETAAN TINGKAT KERAWANAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI PUSAT KOTA PALEMBANG
DENY SUTANTO, Dra. Endang Saraswati, M.Si.
2014 | Skripsi | KARTOGRAFI DAN PENGINDRAAN JAUHTujuan penelitian ini adalah : (1) Kota Palembang tidak pernah bisa lepas dari masalah kecelakaan lalu lintas. kecelakaan bisa dilihat dari tiga faktor, yaitu manusia, kendaraan, jalan dan lingkungan. Mengetahui sejauh mana manfaat penginderaan jauh dan sistem informasi geografi untuk memetakan tingkat dan lokasi rawan kecelakaan di pusat Kota Palembang, (2) Mengetahui persebaran tingkat dan lokasi rawan kecelakaan di pusat Kota Palembang melalui peta black site dan black spot , (3) Mengetahui faktor-faktor penyebab tingkat dan lokasi rawan kecelakaan di pusat Kota Palembang melalui analisis peta. Model pengharkatan berjenjang tertimbang dan metode statistik simple moving average digunakan untuk memetakan tingkat kerawanan dan lokasi rawan kecelakaan. Sampel diambil secara Purposive Random Sampling. Analisis faktor penyebab kecelakaan menggunakan analisis komparatif atau overlay dari peta-peta parameter, meliputi parameter jalan, lingkungan dan kendaraan.. Citra Quickbird digunakan sebagai sumber perolehan data jalan dan lingkungan. Sebaran hasil pemetaan tingkat kerawanan mencakup tiga klas, yaitu klas agak rawan, rawan dan sangat rawan Faktor rawannya suatu ruas jalan bisa dilihat dari geometrik ruas jalan meliputi level V/C ratio, ruas jalan dua arah namun tanpa dilengkapi median jalan, faktor lingkungan seperti aktivitas tinggi di sisi kiri dan kanan jalan. Lokasi rawan kecelakaan sering ditemui di ruas jalan yang membentuk persimpangan atau jalan lurus dua arah tanpa median jalan.
accident Palembang city never be separated from the problem of traffic accidents. three factors include, human, vehicle, road and environment. The purpose of this study was: (1) Determine the extent to which the benefits of remote sensing and geographic information systems to mapping the vulnerability levels and accident locations in the central city of Palembang, (2) Determine vulnerability levels and accident locations distribution in the central city of Palembang by black site and black spot map, (3) Determine factors vulnerability levels and accident locations in central city of Palembang through map analysis. Scoring model with weighting factor and statistical methods simple moving average is used to mapping the vulnerability levels and accident locations. Samples taken by purposive random sampling. Analysis of accidents factors using comparative analysis or overlay of parameter maps, include parameters road, vehicle and environment . Quickbird image used as data source acquisition for road and environment. Distribution result mapping of vulnerability levels includes three classes, rather vulnerable, vulnerable and very vulnerable. Vulnerability levels of road factor can be seen from the road geometric, such as V/C ratio level, two-way road without median strip, environmental factors such as high activity in the left and right side of the road. Accident locations often found in streets that form a junction or a straight two-way street with no median strip.
Kata Kunci : Kecelakaan, Jalan, Pemetaan