Laporkan Masalah

Program Komunikasi Internal Perusahaan dalam Pengelolaan Keragaman Budaya (Studi Program Komunikasi Internal di Schlumberger Balikpapan dalam Mengelola Keragaman Budaya)

HIRMA PRASIDYAMURTI, Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, M.Si.

2013 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Dewasa ini, diversity merupakan syarat untuk dapat berjalan didunia global. Tuntutan pasar akan ide dan inovasi baru menjadi salah satu kemunculan diversity. Untuk itu, Schlumberger mengembangkan kebijakan workforce diversity dengan merekrut dan mengembangkan karyawan yang memiliki perbedaan latar belakang budaya. Untuk itu dibutuhkan adanya pengelolaan keragaman untuk menjembatani perbedaan antar karyawan dan untuk meminimalisir konflik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya yang dilakukan Schlumberger Balikpapan dalam mengatasi perbedaan budaya sehingga tidak menimbulkan konflik dan dapat menjadi competitive advantage bagi perusahaan. Pengelolaan keragaman dikaji menggunakan konsep Public Relations menurut Cutlip dengan menggunakan metode dekriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keragaman yang dilakukan oleh Schlumberger Balikpapan dilakukan melalui program internal dan turut ditunjang dengan media internal perusahaan. Program training, dan special events merupakan langkah paling efektif dalam mengelola keragaman dalam perusahaan.

Nowadays, diversity is a requirement to be able to walk in a global world. Market demand of a new idea and innovation, will be one appearance of diversity. Therefore, Schlumberger develop a workforce diversity by recruiting and training employees who have a background in cultural differences. Therefore Schlumberger needs the presence of diversity management to bridge the differences between employee and to minimize conflict. Therefore this research was conducted to find out what did Schlumberger Balikpapan do to bridge the cultural differences so as not to cause a conflict and can be a competitive advantage for the company. The diversity management are examined using the concept of Public Relations according to Cutlip, using descriptive qualitative method. The results showed that diversity management is performed by Schlumberger Balikpapan through internal programs and also supported by the company’s internal media. Training programs, and special events are the most effective ways in magaing diversity within the company.

Kata Kunci : Keragaman, mengelola keragaman, manajemen sumber daya manusia, Schlumberger.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.