SISTEM PENGATURAN INJEKSI DUAL SISTEM BAHAN BAKAR (BIFUEL) PREMIUM DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN CHIPKIT UNO32
BENHARD JEEFFRYADI HARIANJA, Eka Firmansyah, S.T., M.Eng., Ph.D.
2014 | Skripsi | TEKNIK ELEKTROIndustri otomotif saat ini sudah sangat berkembang dengan pesat, bahkan saat ini sudah mulai dikembangkan kendaraan berbahan bakar gas. Salah satu permasalahan yang muncul di dunia otomotif adalah mengatur pemakaian bahan bakar. Untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kinerja mesin, salah satu caranya adalah mengatur volume injeksi bahan bakar sesuai dengan kebutuhan. Pengaturan voleme injeksi bahan bakar ini bertujuan agar penggunaan bahan bakar yang dikonsumsi dapat lebih efisien, termasuk gas. Untuk mengatur volume injeksi bahan bakar dapat dilakukan dengan metode pengaturan lebar pulsa pada periode on dan off injektor. Untuk pengaturan lebar pulsa ini berbeda-beda baik injektor bensin maupun gas sehingga dibutuhkan rangkaian pengendali. Pengendali pada penelitian ini digunakan ChipKIT Uno32 sebagai microprosessor karena proses pembakaran yang terjadi dalam waktu yang sangat cepat dan respon kecepatan putaran mesin terhadap volume bahan bakar yang tidak linear. Dengan menggunakan sinyal pulsa masukan yang sama dari ECU (electronic control unit), maka lebar pulsa pada injektor gas akan dimodifikasi oleh pengendali. Pemodifikasian lebar pulsa ini dapat dilakukan dengan cara mengalikan masing-masing input dari ECU dengan suatu nilai pengali. Nilai pengali yang digunakan pada penelitian ini memiliki rentang 1 sampai 3 kali yang akan dipakai untuk memodifikasi lebar sinyal pulsa masukan. Fasilitas ini digunakan untuk mencari durasi penginjeksian yang tepat agar kinerja mesin sama seperti saat menggunakan injektor bensin. Dari penelitian ini, hasil modifikasi pulsa ECU dengan nilai pengali kurang dari 2 adalah yang ideal karena duty cycle output kurang dari 95%.
The automotive industry is growing up rapidly until now. It has begun to develope gas fuel vehicles. One of the problems that appear in automotive industry is how to set up fuel to be efficient. To improve the fuel efficiency and engine performance, the solution is make an adjustment of the volume of fuel injection. The main objective of this adjustment of the fuel volume is the efficiency of fuel consumption, including gas fuel. To adjust volume injection of the fuel, it can be achieved by setting the pulse width of on and off period of injector. This adjustment of pulse width is different between gasoline injector and gas injector. Those are needs a controller. This research is using ChipKIT Uno32 as a microprocessor because the combustion process occurs in very quick time between the response of speed rotation and the volume of the fuel is not linear. By using the same input pulse signal from the ECU, the pulse width of gas injector will be modified by controller. The pulse width modification can be done by multiplying of each input of the ECU with a multiplier value. In this research, the multiplier value range is 1 until 3 times. This range will modify the input pulse signal. This facility is used to get the duration of injection exactly so that the performance of the engine will be same with gasoline injector. In this research, the result of modification from ECU with multiplier value less than 2 is ideal multiplier because the output of duty cycle still less than 95%.
Kata Kunci : ChipKIT Uno32, Electronic Control Unit (ECU), Injector, Dual Fuel.