ANALISIS DAMPAK PEMBIAYAAN MUSYARAKAH TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO DAN KECIL DI BMT BERINGHARJO CABANG PABRINGAN YOGYAKARTA
Andri Martiana, Dr. Soeratno, M.Ec
2014 | Tesis | S2 Ekonomi IslamSkema musyarakah merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan lembaga keuangan Islam dalam rangka pengembangan usaha mikro dan kecil tersebut. BMT Beringharjo Cabang Pabringan Yogyakarta merupakan salah satu lembaga keuangan mikro Islam yang bergerak di bidang pemberdayaan usaha kecil. Letak BMT Beringharjo Cabang Pabringan Yogyakarta yang strategis dekat dengan para pedagang di kawasan Pasar Beringharjo diharapkan dapat memberi dampak positif pada UMKM terutama usaha mikro dan kecil di kawasan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan tujuan mengukur dampak pembiayaan musyarakah terhadap pendapatan nasabah. Dari hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa terdapat perubahan pada kondisi usaha responden sebelum dan sesudah menerima pembiayaan musyarakah ditinjau dari segi modal, omset,pendapatan, serta alokasi pendapatan untuk tabungan dan sedekah. Dari hasil uji beda dua rata-rata ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pendapatan usaha nasabah sebelum dan sesudah menerima pembiayaan musyarakah. Dari hasil analisis regresi ditemukan bahwa besar pembiayaan berpengaruh terhadap pendapatan nasabah pembiayaan musyarakah. Hal ini mengindikasikan bahwa pembiayaan musyarakah tersebut berdampak pada pendapatan nasabah.
Musharaka scheme is one solution that can be applied to Islamic financial institutions in the development of the micro and small enterprises. BMT Beringharjo Pabringan Branch Yogyakarta is one of the Islamic microfinance institutions engaged in the empowerment of small business. Location of BMT Beringharjo Pabringan Branch Yogyakarta is strategically close to the traders in the region of Beringharjo market expected to have a positive impact on SMEs, especially in the micro and small enterprises region. This research uses the descriptive quantitative methode in order to measure the impact of musharaka financing to the profit of customer‟s business. From the results of the descriptive analysis found that there is a change in business conditions before and after the respondents received Musharaka financing in terms of capital, turnover, profit, and the allocation of profits to saving and charity. From the results of paired t test was found that there are significant differences between the profit of the customer's business before and after receiving Musharaka financing. From the results of the regression analysis found that there is an effect of the musharaka financing to the costumer‟s bussines profits. This indicates that the Musharaka financing affect the customer's business profits.
Kata Kunci : pembiayaan, musyarakah, UMKM, pendapatan.