EARNI NG SURPRISE, KETEPATAN WAKTU PENGUMUMAN LAPORAN KEUA NGAN DAN REAK SI PASAR
RIZKA HADYA, Dr. Suad Husnan, MBA.
2013 | Tesis | S2 ManajemenTujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh earning surprise terhadap reaksi pasar dan dimoderasi oleh ketepatan waktu pengumuman laporan keuangan. Ada dua indikasi dari pengumuman tingkat laba perusahaan yaitu berita baik (good news) untuk peningkatan laba dan berita buruk (bad news) untuk penurunan laba perusahaan. Dengan adanya pengumuman laba baik peningkatan maupun penurunan laba perusahaan, maka hal ini menunjukkan adanya unsur “kejutan†(surprise) dalam setiap pengumuman laba perusahaan. Selain itu, salah satu indikasi dari laba yang berkualitas adalah laba yang disajikan secara tepat waktu. Untuk menjadikan informasi keuangan berharga bagi pengguna maka laporan keuangan harus memiliki sifat tepat waktu dan disampaikan sesegera mungkin untuk tetap menjaga relevansi kandungan informasinya. Pengujian dilakukan dengan menggunakan model regresi linear dan metode event study. Dari pengujian pada penelitian ini diperoleh hasil yaitu bahwa earning surprise yang positif direaksi positif oleh pasar. Hal ini juga dapat dikatakan bahwa earning surprise positif berpengaruh positif terhadap reaksi pasar, pengaruh ini berjalan searah dimana earning surprise negatif berpengaruh negatif terhadap reaksi pasar. Berdasarkan pada hasil temuan penelitian ini, bahwa ketepatan waktu pengumuman laporan keuangan memperkuat pengaruh earning surprise terhadap reaksi pasar. Namun, hasil ini belum terbukti dalam penelitian dikarenakan adanya keterbatasan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian. Selain itu, hasil juga membuktikan bahwa pengaruh earning surprise negatif terhadap reaksi pasar semakin lemah ketika pengumuman laporan keuangan diumumkan tepat waktu. Berdasarkan pada hasil temuan penelitian ini, bahwa pengumuman laporan keuangan yang diindikasikan adanya penurunan laba atau terdapat earning surpise negatif dan diumumkan tepat waktu akan memperlemah pengaruh earning surprise negatif terhadap reaksi pasar.
The purpose of this study was to examine the influence of the earning surprise to the market reaction and moderated by the timeliness of the announcement the financial statements. There are two indications of the company's profit level announcements are good news to increase profits and bad news for loss of profit of the company. With the announcement of the good profit improvement and a decrease in profit the company, then this indicates the existence of elements surprise in each of the company's earnings announcement. In addition, one indication of the quality of profit is profit which is served in a timely. To make a valuable financial information for users of the financial statements must have timely and delivered as soon as possible to keep the relevance of the content of the information. Testing is using a linear regression model and event study. Research on testing of obtained results, that the earning surprise positive will be positive respons by the market. It can also be said that earning surprise effect positive to the market reaction, the influence of this reaction goes in the same direction where the earning surprise negative effect negatively to market reaction. Based on the findings of this research, that the timeliness of financial reports announcement strengthens the influence of the earning surprise to the market reaction. However, these results have not been proven in research due to the existence of the limitation of the number of samples used in the study. Moreover, the results also prove that influence earning surprise negatively to the weak market reaction when the announcement of the financial report was announced in a timely manner. Based on the findings of this research, that the announcement of financial statements indicated a decline in profits or are earning negative surpise and was announced on time will weaken the influence of earning surprise negatively to market reaction.
Kata Kunci : Earning surprise, Ketepatan waktu pengumuman laporan keuangan, reaksi pasar