PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA KINERJA GURU SMK NEGERI 3 WONOSARI
Yoce Febrianus Abidano, Dr. Tarsisius Hani Handoko, MBA.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini membahas tentang pengaruh perilaku kepemimpinan transaksional dan transformasional pada kinerja guru SMK Negeri 3 Wonosari. Sehubungan dengan masalah yang hendak diteliti tersebut, diajukan hipotesis sebagai berikut : (1) Kepemimpinan transaksional berpengaruh terhadap kinerja guru. (2) Kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap kinerja guru yang bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh kepemimpinan transaksional dan kepemimpinan transformasional pada kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri se- Kabupaten Gunung Kidul. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convinience sampling yaitu pada SMK Negeri 3 Wonosari yang berjumlah 75 guru PNS dan non PNS. Gaya kepemimpinan transaksional dan kepemimpinan transformasional menggunakan model item Multifactor Leadership Questionnaire (MLQ) dari Bass dan Avolio (2004) dan kinerja menggunakan model item the Teacher Performance Criteria Questionnaire (TPCQ) teori Cheffers dan Sullivan (2000). Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner. Uji analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 20. Hasil uji menunjukkan (1) kepemimpinan tansaksional berpengaruh positif namun tidak signifikan pada kinerja guru. Tinggi rendahnya kepemimpinan transaksional tidak berpengaruh pada kinerja guru dan lebih menekankan pada dimensi contingent; (2) kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja guru. Semakin besar peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah, maka semakin besar pula kinerja guru. Kesimpulan yang diperoleh gaya kepemimpinan transaksional tidak didukung dan transformasional didukung pada kinerja guru. Perilaku kepemimpinan transformasional berpengaruh dominan pada kinerja guru. Saran yang dianjurkan adalah agar kepala sekolah menerapkan kepemimpinan transformasional, meskipun kepemimpinan transaksional juga diperlukan. Tetapi kepemimpinan transformasional terbukti dominan berpengaruh pada kinerja. Dan untuk penelitian selanjutnya bisa menambahkan variabel lain
This study discusses the influence of transactional and transformational leadership behavior on teacher performance SMK Negeri 3 Wonosari. In connection with the matter to be investigated, proposed the following hypothesis: (1) The effect transactional leadership on teacher performance. (2) The effect of transformational leadership on teacher performance. That aims to examine and analyze the effect of transactional leadership and transformational leadership on teacher performance. The population in this study were all teachers as SMK Negeri Gunung Kidul. The sampling technique used is the sampling convenience at SMK Negeri 3 Wonosari which amounts to 75 civil servants and non-civil servant teachers. Transactional leadership style and transformational leadership style using multifactor Leadership Questionnaire (MLQ) models item of Bass and Avolio (2004) and the performance model of the item using the Teacher Performance Criteria Questionnaire (TPCQ) Cheffers theory and Sullivan (2000). Primary data collection using questionnaires. Test data analysis using multiple linear regression analysis with SPSS 20. Test results showed (1) leadership transactional positive but not significant effect on the performance of teachers. The level of transactional leadership has no effect on teacher performance and more emphasis on contingent dimensions, (2) transformational leadership and significant positive effect on teacher performance. The greater role of principal transformational leadership, the greater the performance of teachers. The conclusion transactional leadership style is not supported and transformational leadership style is supported on teacher performance. Transformational leadership style dominant influence on teacher performance. The recommended advice is to apply principal transformational leadership, transactional leadership is also necessary though. But transformational leadership proved dominant effect on performance. And for future research could add another variable.
Kata Kunci : kepemimpinan, transaksional, transformasional, kinerja guru