IDENTIFIKASI BIAS ANCHORING PENGETAHUAN EKONOMI DAN FINANSIAL: Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada
Tassya Andini, Prof. Dr. Marwan Asri., MBA., Ph.D.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa peran bias anchoring dalam menjawab pertanyaan mengenai indikator ekonomi dan finansial di Indonesia. Anchoring bias mengacu kepada kecenderungan seseorang untuk membuat estimasi terhadap kemungkinan terjadinya suatu peristiwa yang tidak tentu atau untuk memprediksi atau untuk mengingat kembali nilai atau hasil tertentu dengan mempertimbangkan suatu nilai awal (sebagai nilai anchor) dan menyesuaikannya naik atau turun untuk menghasilkan estimasi final (Tversky & Kahneman, 1974). Untuk mendeteksi dan menganalisa anchoring bias maka desain penelitian ini konsisten dengan desain penelitian Kudryavtsev dan Cohen (2010), dimana secara acak partisipan dibagi menjadi dua kelompok penelitian, yaitu control group yaitu kelompok dimana partisipan tidak diberikan informasi tambahan dan diminta untuk menjawab pertanyaan mengenai indikator ekonomi dan finansial, serta anchoring group yaitu kelompok dimana partisipan diberikan pertanyaan yang sama, namun sebelum menjawab setiap pertanyaan mereka akan diberikan data indikator finansial dan ekonomi yang tidak berhubungan sebagai nilai anchor, dengan urutan yang sama dan diekspresikan dalam skala yang sama. Penelitian ini ingin melihat apakah jawaban pada anchoring group akan terpengaruh nilai anchor sehingga partisipan pada anchoring group memberikan jawaban yang lebih mendekati nilai anchor dibandingkan control group, yaitu adanya anchoring bias. Penelitian ini dibatasi untuk mengidentifikasi anchoring bias terhadap pengetahuan ekonomi dan finansial di Indonesia, pada mahasiswa Magister Managemen UGM yang menjadi partisipan penelitian, serta apakah ada derajat bias anchoring yang lebih tinggi pada partisipan wanita dibandingkan pria, pada pertanyaan dengan topik yang lebih lama dibandingkan pertanyaan dengan topik yang lebih baru dan pada mahasiswa jurusan non- finance dibandingkan mahasiswa pada jurusan finance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bias anchoring ada atau dapat teridentifikasi pada seluruh jawaban partisipan terhadap pertanyaan mengenai indikator finansial dan ekonomi di Indonesia, namun tidak ditemukan derajat anchoring bias yang lebih tinggi pada wanita dibandingkan pada pria, ataupun pada pertanyaan dengan topik yang lebih lama dibandingkan pada pertanyaan dengan topik yang lebih baru. Derajat bias anchoring yang lebih tinggi ditemukan pada mahasiswa jurusan non-finance dibandingkan mahasiswa pada jurusan finance.
The main goal of this study is to analyze the role of anchoring bias in answering questions about financial and economy indicators in Indonesia. Anchoring (or anchoring bias) refers to people's tendency to make estimates about the likelihood of uncertain events or to predict or recall certain values or outcomes by considering an initial value and adjusting it upwards or downwards to yield a final estimate. Such adjustments are often insufficient, leaving judgments biased in the direction of the initial \\"anchor\\" value (Tversky & Kahneman, 1974) To detect or analize anchoring bias, experimental design had been made to be consistent with Kudryavtsev and Cohen (2010), where participant will be randomly divided into two groups: “control group†where participants will not received additional information and are instructed to give their best estimations toward questions regarding financial and economy indicators in the questionnare and “anchoring group†where participants will be given the same questions, but before answering every questions participants will be presented with finance and economic indicators data not directly related as the anchor indicators or anchor values. Anchors and the target questions are presented with the same order and are expressed in the same scale. This study wants to see whether the answers in the anchoring group will be affected by the anchor value so the participants in the anchoring group will give answer with value closer to the anchor value than the participants in the control group. This experiment is limited to identify anchoring bias in knowledge about financial and economy indicator in Indonesia in MBA students UGM, and whether a higher anchoring bias can be identified in women than in men, and in questions with older topic than questions with newer topic, and in non-finance major students than in finance major students. Study result shows that anchoring bias can be identified in all participants answers in questions regarding financial and economy indicator in Indonesia, but we can’t identified higher anchoring bias in women than in men, and in questions with older topic than questions with newer topic. However, a higher anchoring bias is found in non-finance major students than in finance major students.
Kata Kunci : anchoring bias, pria dan wanita, pengetahuan ekonomi dan finansial, mahasiswa magister manajemen