ANALISIS STRATEGI DAN TRANSFORMASI BISNIS MENGGUNAKAN DICE FRAMEWORK: STUDI PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONBSIA, TBK
Sugeng Yunianto, Ertambang Nahartyo, Ph.D., CMA.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenLingkungan bisnis adalah sesuatu yang dinamis dan setiap perubahannya memberikan dampak yang signifikan terhadap industri. Oleh karena itu, suatu perusahaan dituntut untuk selalu adaptif terhadap setiap perubahan lingkungan yang terjadi agar bisa bertahan dalam iklim kompetisi yang semakin ketat. Tidak terkecuali dengan industri telekomunikasi di Indonesia yang menjadi salah satu contoh nyata adanya perubahan lingkungan bisnis yang sangat radikal. Pada awalnya industri telekomunikasi Indonesia dikuasai oleh satu perusahaan pemerintah dan dalam operasional perusahaan lingkungan bisnis sangat mendukung tindakan monopoli perusahaan tersebut. Namun sejalan dengan perkembangan dunia bisnis, regulasi mencabut hak monopoli sehingga berdampak pada lingkungan bisnis lainnya dan secara keseluruhan merubah peta industri telekomunikasi nasional. PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk juga melakukan adaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis dengan melakukan transformasi bisnis dari Infocomm menjadi bisnis Telecommunication, Information, Media, Edutainmet. Kesuksesan dari transformasi tersebut akan dianalisis menggunakan DICE framework yang mengukur hard factor dan juga analisis strategi apakah sudah sesuai dengan perubahan lingkungan bisnis yang terjadi.
Business environments are dynamic and every change have a significant impact on the industry. Therefore, a company is required to always be adaptable to any environmental changes that occur in order to survive in a climate of intense competition. No exception to the telecommunications industry in Indonesia which is one real example of the radical changes in business environment. In the beginning, the telecommunications industry in Indonesia was controlled by a government company and in its operations, the business environment very much supported the monopoly action of the company. However along with the development of the business world, regulations revoked the monopoly rights so it had an impact on other business environments and on the whole changed the map of the national telecommunications industry. PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk also conducted adaption to changes in business environment by conducting business transformation from Infocomm into the business of Telecommunication, Information, Media, Edutainment. The success of the transformation will be analyzed using the DICE framework that measures hard factors among others (Duration, Integrity, Commitment, Effort) and also analyze strategy whether it is in accordance with changes that occur in the business environment.
Kata Kunci : Telekomunikasi Indonesia, industri, lingkungan bisnis, DICE, strategi