Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KOPERASI KREDIT (CREDIT UNION): STUDI KASUS CREDIT UNION BEREROD GRATIA JAKARTA (CUBG JKT)

Olivia Dery Sutedjo, Ertambang Nahartyo, Ph.D., CMA.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Salah satu lembaga keuangan mikro yang menarik untuk diamati adalah Koperasi Kredit (Credit Union). Hal ini disebabkan karena koperasi kredit (credit union) memiliki karakter unik dari sistem ekonomi yang lain dan CU juga telah teruji dan membuktikan diri dapat bertahan pada saat terjadi krisis ekonomi di Indonesia pada tahun 1997. Salah satu koperasi di Indonesia yang sedang berkembang saat ini adalah Koperasi Kredit Bererod Gratia (Credit Union Bererod Gratia), koperasi ini didirikan tidak hanya bertujuan bisnis murni semata karena tetap mengedepankan kepentingan sosial dan pelayanan publik yang bersifat non profit. Namun demikian, untuk dapat bertahan dan bersaing dengan lembaga keuangan mikro lainnya, CU tetap membutuhkan pelaksanaan strategi bauran pemasaran yang efektif dan tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen, dan wawancara mendalam. Analisis strategi pemasaran dilakukan dengan menggunakan konsep bauran pemasaran (product, price, place, promotion) dan diperkuat dengan analisis SWOT, sehingga melahirkan strategi pemasaran terpilih. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi bauran pemasaran terpilih Koperasi Credit Union Bererod Gratia dapat dilakukan dengan cara: (1) Mempersiapkan kemungkinan elastisitas jangka waktu kredit, (2) Merancang dan melaksanakan standar operasional pelayanan pinjaman yang memungkinkan adanya kepuasan anggota koperasi sebagai peminjam, (3) Merancang dan melaksanakan perluasan jaringan unit pelayanan koperasi diberbagai wilayah yang potensial, (4) Memberikan insentif khusus kepada anggota koperasi yang melakukan pelunasan selalu tepat waktu selama periode tertentu, (5) Meningkatkan kualitas dan kuantitas promosi yang telah dilakukan koperasi selama ini.

One of microfinance institutions are interesting to be observed is credit union (CU). It is caused by credit unions have a unique character of the others economic system, and CU has also been tested and proved to be resistant to the economic crisis in Indonesia in 1997. One of the credit union in Indonesia are being developed at this time is Credit Union of Bererod Gratia, the credit union was founded not only intended solely as a pure business because this credit union keep to promote the social and public services that are non profit. However, in order to survive and compete with other microfinance institutions, CU still require the implementation of an marketing mix strategies effectively and accurately. The research used descriptive and qualitative methods, data collection was conducted by the documents study, and in-depth interviews. Marketing strategy analysis is conducted by using the concept of the marketing mix (product, price, place, and promotion) and it is reinforced with a SWOT analysis, which gave birth to the chosen marketing strategy. The research results showed that the selected marketing mix strategy of Bererod Gratia Credit Union can be implemented by: (1) Preparing for the possibility of elasticity credit period, (2) Design and implement operational standards of service a loan that allows the borrower satisfaction as member of credit union, (3) designing and implementing network expansion of credit union service unit in potential and different areas, (4) Provide incentives to members of the credit union who make payment always on time for a certain period, (5) Improve the quality and quantity of promotion that has been implemented all the time.

Kata Kunci : Koperasi, Bauran Pemasaran, SWOT


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.