Laporkan Masalah

ANALISIS PENERAPAN E-LEARNING PINTER DI SMKN 2 YOGYAKARTA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL KESUKSESAN DELONE DAN MCLEAN

Dini Nurinda Hanggarani, Dr. Sony Warsono, MAFIS., Ak.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat membawa dampak yang cukup besar di segala bidang, termasuk di bidang pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi telekomunikasi untuk kegiatan pembelajaran adalah dengan munculnya e-learning sebagai media alternatif pembelajaran jarak jauh. Meskipun pertumbuhan e-learning sangat cepat, namun masih ditemui berbagai masalah yang dihadapi para pemangku kepentingan sistem e-learning. Salah satu isu kunci adalah mengukur keberhasilan sistem e-learning (Wang & Wang, 2009). Kurangnya evaluasi sistem keberhasilan e-learning menjadi pusat perhatian bagi penulis untuk melakukan penelitian ini. Maka penerapan e-learning ini perlu dianalisis untuk menentukan faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan penerapan e-learning. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Yogyakarta. Objek yang digunakan adalah e-learning PINTER dengan responden yang digunakan adalah 98 guru SMKN 2 Yogyakarta yang telah mengikuti pelatihan e-learning dan menggunakan e-learning PINTER dalam mendukung proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang terdapat di dalam model DeLone and McLean (2003) serta kesesuaian tugas teknologi sebagai variabel independen terhadap dampak individu. Teknik pengujian menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 2.0.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kesuksesan Delone dan McLean tidak sepenuhnya terbukti secara empiris dalam evaluasi penerapan elearning PINTER di SMKN 2 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kesuksesan dipengaruhi oleh kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan. Sedangkan kesesuaian tugas teknologi tidak berpengaruh secara langsung terhadap dampak individu. Hasl pengujian pada model kesuksesan Delone dan McLean (2003) menunjukkan bahwa kualitas sistem tidak terbukti berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, dan kepuasan pengguna tidak berpengaruh secara langsung terhadap dampak individu. Hal ini diduga karena penggunaan e-learning bersifat mandatory, sehingga guru dalam menggunakan elearninghanya sekedar menggugurkan kewajiban bukan merupakan kebutuhan serta tidak memikirkan bagaimana kualitas sistemnya. Secara kumulatif, variasi dari faktor kepuasan pengguna dapat dijelaskan sebesar 36.76 persen oleh kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan sedangkan pada variansi dampak individu dapat dijelaskan sebesar 53.47 persen oleh kepuasan pengguna, kualitas sistem, kualitas pelayanan, dan kesesuaian tugas teknologi, sisanya dijelaskan oleh konstruk lain diluar penelitian.

The development of information technology and the rapid take considerable impact in all areas, including in the field of education. One use of telecommunications technology to the learning activity is with the advent of elearning as an alternative media distance learning. Although the growth of elearning is very fast, but still encountered many issues facing stakeholders of elearning systems. One key issue is to measure the success of e-learning system (Wang & Wang, 2009). Lack of evaluation of the success of e-learning system to be the center of attention for the author to conduct this research. Then the application of e-learning need to be analyzed to determine what factors affect the successful implementation of e-learning. The research was conducted in SMKN 2 YOGYAKARTA. Object used is e-learning PINTER used by respondents is 98 teachers who have been trained to use e-learning and e-learning PINTER in supporting the learning process. The purpose of this study is to examine the factors contained in the model of DeLone and McLean (2003) as well as the suitability of the task technology fit as independent variables on individual impact. Testing techniques using Partial Least Square (PLS) with the help of SmartPLS 2.0 applications . The results showed that DeLone and McLean model of success is not entirely proven empirically in the analysis of the implementation of PINTER elearning in SMKN 2 Yogyakarta. The results showed that the success factors are influenced by information quality, system quality, and service quality. While the task technology fit has no direct influence on individual impact. Testing result on the model of success DeLone and McLean (2003) showed that the quality system is no proven effect on user satisfaction, and user satisfaction has no direct influence on individual impact. This is presumably due to the use of e-learning is mandatory, so that teachers in the use of e-learning just abort the obligation is not a necessity and not think about how the quality of the system. Cumulatively, the variation of users' satisfaction factor of 36.76 percent can be explained by the quality system, quality of information and quality of service while at the impact of individual variance can be explained by 53.47 percent by the user satisfaction, system quality, service quality, and appropriateness of task-technology fit, the rest is explained by constructs other than research.

Kata Kunci : Sistem teknologi informasi, Model DeLone and McLean, Partial Least Square,kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, kepuasan pengguna, dampak individu, kesesuaian tugas teknologi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.