Laporkan Masalah

SCENARIO PLANNING PADA DHL EXPRESS INDONESIA

Diah Paramitha, Dr. A. Prasetyantoko.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Untuk dapat bertahan di industrinya, setiap perusahaan harus mampu beradaptasi dengan perubahan dan ketidakpastian yang terjadi yang berasal dari lingkungan bisninya. DHL Express Indonesia, merupakan perusahaan yang bergerak di industri transportasi dan pengiriman barang dimana ketidakpastian banyak terjadi dari berbagai lingkungan eksternalnya yang dapat sangat mempengaruhi kelangsungan bisnisnya. Saat ini, DHL masih bersikap reaktif atas perubahan yang terjadi dan melakukan peramalan secara tradisional dimana masih terpaku pada ekstrapolasi tren dari data historis menggunakan angka penjualan / finansial. Scenario Planning pada DHL Indonesia, bertujuan untuk membantu DHL dalam mengantisipasi ketidakpastian masa depan yang didasarkan pada key driving forces yang sesuai yang dapat membentuk masa depan perusahaan. Dengan mengetahui key driving forces, maka DHL dapat menggambarkan empat jenis skenario masa depan yang terbagi atas empat kuadran berdasarkan dua titik ekstrim aksis ketidakpastian. Dari setiap skenario, maka DHL dapat mengetahui implikasi dan opsi / strategi yang harus dilakukan apabila skenario tertentu terjadi. Penelitian ini menggunakan narasumber primer dari top level management DHL Express Indonesia melalui wawancara langsung. Selain itu, kuesioner untuk middle level management juga disebar dengan tujuan validasi hasil wawancara (metode triangulasi). Wawancara dengan pelanggan secara tidak langsung dilakukan oleh penulis untuk mengetahui posisi DHL di mata pelanggannya. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa key driving forces bagi DHL adalah perkembangan ekonomi regional, terorisme, dan perubahan regulasi yang terjadi di Indonesia. Berdasarkan key driving forces tersebut, empat skenario masa depan yang mungkin dialami DHL Express Indonesia berdasarkan titik ekstrim dari setiap aksis ketidakpastian yaitu: Dari Indonesia untuk Dunia; Terpenjara di Surga; Perjalanan Satu Arah; Pemain Lokal.

To maintain company’s position in the industry, each company have to have ability to adapt with changes and uncertainty which are coming from the business environment. DHL Express Indonesia, is one of company that run in transportation and express delivery industry where lot’s of uncertainty could happened from many external environment which can give huge impact to the business continutity. Nowadays, DHL still in reactive position for each changes that happened to company and also still doing traditional forecasting using trend extrapolation from historical data and focus on sales / financial number. Scenario Planning for DHL Indonesia aims to help DHL to anticipate future uncertainty based on suitable key driving forces that can shape company’s future. By knowing key driving forces, DHL can figure out four type of future scenario from four quadrant based on two extreme uncertainty axes. From each scenario, DHL could detect implication and suitable option / strategy if one specific scenario happen in the near future. This study using primary source from company’s top level management through direct interview. Additon to that, questionare for middle level management being distributed to validate interview result (triangulation method). Indirect interview with key customer is also being done to know DHL position from customer’s eyes. Result of the study is knowing key driving forces for DHL are regional economic development, terorism, and regulation changes in Indonesia. Based on that forces, four future scenario that might be face by DHL based on extreme uncertainty axes are: From Indonesia to the World; Jailed in Heaven; One Way Journey; Local Player.

Kata Kunci : -


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.