Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PT TIGARAKSA SATRIA, TBK

Cecep Noviananda, Dr. A. Prasetyantoko.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi PT Tigaraksa Satria Tbk (TRS) dalam menghadapi persaingan di industri distribusi barang konsumsi terutama susu bubuk, dan bagaimana mempertahankan perusahaan yang telah menjadi prinsipalnya. Faktor internal dan eksternal yang diidentifikasi akan menjadi variabel di dalam merusumuskan strategi bersaing yang tepat kepada TRS. TRS merupakan suatu perusahaan yang telah lama berkecimpung di industri distribusi barang konsumsi, termasuk susu bubuk. Hingga saat ini TRS merupakan perusahaan distribusi susu bubuk terbesar berdasarkan pasar di Indonesia. Fenomena perubahan yang terjadi pada lingkungan eksternal dan internal TRS tersebut menarik untuk diteliti. Studi dilakukan dengan menggunakan teknik kualitatif, yaitu studi kasus terhadap pilihan kebijakan dan strategi TRS untuk memenangkan persaingan dan mempertahankan prinsipal pada tahun 2011. Analisa faktor eksternal menggunakan Five Forces Model dan untuk faktor internal menggunakan analisa Rantai Nilai. Tahapan terakhir penulis membuat analisis untuk merumuskan strategi bersaing bagi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan faktor eksternal dan internal yang dianalisa, perusahaan perlu menerapkan best-cost provider strategy dalam menghadapi persaingan dan mempertahankan prinsipal yang sudah ada.

The research was conducted to analyze the internal dan external factors affecting PT Tigaraksa Satria Tbk (TRS) in the face competition in the consumer goods distribution industries mainly powdered milk, and how to maintain a firm that has become principals. Internal and external factors that are identified will become variables in formulating appropriate competitive strategy for TRS. TRS is a company that has long been in the industry distribution of consumer goods, including milk powder. Until now, the company is the largest distribution company based on milk powder market in Indonesia. The changes in the external and internal environment of TRS is an interesting topic to studied. The study was conducted by using qualitative techniques, the case study of TRS strategies and policies to winning the competition and maintaining principals in period 2011. To assess external environment using Five Forces Model and Value-chain analyisis was used to assess the internal environment. Finally researcher made the analysis to formulate compotitive strategy for the company. The result showed that based on external and internal environment were analyzed, the company need to implement a best-cost provider strategy in the face of competition and retain existing principals.

Kata Kunci : strategi, persaingan, industri, barang konsumsi, susu bubuk, bestcost provider


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.