PENGARUH SELF EFFICACT DAN KEPERCAYAAN KEPADA PIMPINAN (TRUST TOWARD LEADER) TERHADAP PBRILAKU KERJA INOVATIF GURU (INNOVATIVE WORK BEHAVIOR) DI SMK NBGERI 2 SEWON BANTUL
Ch. Ndaru Tyas Saswitaningrum, Prof. Djamaludin Ancok, Ph.D.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenTujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah self efficacy berpengaruh positif terhadap perilaku kerja inovatif guru (innovative work behaviour) dan apakah kepercayaan kepada pimpinan (trust toward leader) berpengaruh positif terhadap perilaku kerja inovatif guru (innovative work behaviour). Penelitian ini menggunakan teori dari Phillip dan Gully (1997) untuk mempertimbangkan pengaruh positif self efficacy terhadap perilaku kerja inovatif guru (innovative work behaviour), serta teori Mayer dan Davis (1995) untuk mempertimbangkan pengaruh positif kepercayaan kepada pimpinan (trust toward leader) terhadap perilaku kerja inovatif guru (innovative work behaviour).Untuk mengukur self efficacy, penelitian ini menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Bandura (1997). Sedangkan untuk mengukur kepercayaan kepada pimpinan (trust toward leader), penelitian ini menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Mayer dan Davis (1999) dalam Colquitt (2007). Pengujian istrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas corrected itemtotal correlation, dan uji reliabilitas Cronbach’s Alpha. Sampel penelitian ini sebanyak 52 responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis statistik regresi berganda untuk menguji hipotesis. Hasil analisis mendukung hipotesis yang menyatakan bahwa self efficacy berpengaruh positif terhadap perilaku kerja inovatif guru (innovative work behaviour), dan hipotesis kepercayaan kepada pimpinan (trust toward leader) berpengaruh positif terhadap perilaku kerja inovatif guru (innovative work behaviour).
The purpose of this study was to examine whether self-efficacy has positive effect on teachers’ innovative work behaviour and whether trust toward leader has positive effect on the teachers’ innovative work behaviour of teachers). This study uses the theory of Phillip and Gully (1997) to consider the positive effect of self-efficacy on teachers’ innovative work behaviour, as well as the theory of Mayer and Davis (1995) to consider the positive effect of trust toward leader on teachers innovative work behaviour.To measure self-efficacy, this study used an instrument developed by Bandura (1997).To measure trust toward leader, this study used an instrument developed by Mayer and Davis (1999). Instrument testing was done by using the validity testing corrected item-total correlation, and reliability testing Cronbach’s Alpha. The study sample was 52 respondents. This study used multiple regression statistical analysis tools to test the hypothesis. These results of this study support the hypothesis that self-efficacy and trust toward leader have positive effect on teachers’ innovative work behaviour.
Kata Kunci : Self efficacy, Trust toward leader, Innovative work behaviour