NILAI PERSEPSIAN KONSUMEN PADA ROKOK KRETEK MILD MEREK LAMA DAN MEREK BARU STUDI PADA PELANGGAN ROKOK DI SURABAYA
Bayu Yodhana Putra, Dr. BM. Purwanto, MBA.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh bukti empiris terkait pengaruh nilai persepsian konsumen pada rokok kretek Mild di kota surabaya. Sampling dipilih dengan menggunakan purposive sampling method dan diperoleh 120 responden selama January- pertengahan Maret 2013 dikota Surabaya terhadap perokok Mild yang aktif merokok dalam tiga bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptive dan uji beda rata-rata antar mean kelompok Mild lama (A Mild, U Mild, LA Light dan Clas Mild) dan kelompok Mild baru (X Mild, Djarum Super Mezzo, Pro Mild, neO Mild, One Club Mild, Geo Mild, Galan Mild, dan unO Mild). Dari hasil pengujian, didapatkan kelompok Mild lama lebih mengapresiasi persepsi yang berhubungan dengan aspek Sosial, Emosional dan Kondisional sedangkan Mild kelompok baru lebih mengapresiasi persepsi fungsional. Persepsi Epistemis merupakan satu-satunya persepsi yang tidak dipersepsikan secara signifikan oleh kedua kelompok. Sedangkan merek pendatang baru yang paling diapresiasi oleh responden diwilayah Surabaya adalah merek Pro Mild. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu dilakukan hanya untuk pelanggan rokok Mild yang akan dikelompokan menjadi grup pendatang baru dan merek lama . Selain itu batasan lainnya adalah setidaknya responden sudah merokok salah satu merek di grup tersebut selama tiga bulan dan area penelitian dibatasi diarea Surabaya.
This research is conducted to acquire empirical evidence related on consumer perceived value on Mild kretek cigarettes in the city of Surabaya. Sampling method selected is using purposive sampling method which obtained 120 respondents during January - mid March 2013 in the city of Surabaya on people who have been active smokers of Mild kretek cigarettes in the last three months. This research applies descriptive analysis and t test between the mean of old Mild group (A Mild, U Mild, LA Light and Class Mild) and new Mild group (X Mild, Djarum Super Mezzo, Pro Mild, Mild Neo, One Club Mild, Geo Mild, Mild Galan, and Uno Mild). From the test results, the old Mild group gained greater appreciation in perceptions related to social, emotional, and conditional aspects, while the new Mild group has greater appreciation in the functional perception. Epistemic perception is the only perception that is not significantly perceived by both groups. Meanwhile, the newcomer brand which yielded the highest appreciation by the respondents in Surabaya region is Pro Mild. This research contains limitation which is only conducted for Mild cigarette customers who are grouped into the new and old brand smoker groups. Furthermore, the other limitation is that the respondents should have smoked at least one of the brands in the groups for the last three months and the study area is limited to Surabaya.
Kata Kunci : Persepsi fungsional, persepsi sosial, persepsi emosional, persepsi epistemis, persepsi kondisional