Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SHAREHOLDER VALUE PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Aji Mahendra Putera, Dr. Sumiyana, M.Si., Akt

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Tujuan utama perusahaan adalah memaksimalkan kesejahteraan para pemegang saham. Sebagai agen dari pemegang saham, manajer dituntut untuk bekerja sesuai dengan tujuan utama perusahaan. Namun konsep tersebut hanyalah sebatas teori, karena dalam prakteknya masih banyak terjadi konflik kepentingan antara manajer dengan pemegang saham. Kesejahteraan pemegang saham akan meningkat seiring dengan meningkatnya nilai perusahaan. Dengan adanya maksimalisasi nilai maka keuntungan yang dihasilkan tidak hanya akan dirasakan oleh pemegang saham saja, pihak lainnya seperti konsumen, karyawan bahkan hingga lingkungan sosial akan mendapatkan benefit dengan penerapan konsep tersebut. Oleh karena itu diperlukan pemilihan strategi yang tepat bagi manajemen untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Diadopsi dari penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Pandey (2005), penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor fundamental (profitability, growth, firm size, dan leverage) terhadap market to book value. Nilai pemegang saham (shareholder value) diukur dengan menggunakan rasio market to book value, sehingga nilai pemegang saham akan tercipta bila market value perusahaan melebihi book value-nya. Penelitian yang serupa telah banyak dilakukan di negara-negara lain seperti Amerika Serikat dan Malaysia. Pada penelitian kali ini peneliti akan memilih perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai sampel penelitian. Data yang dianalisis berupa laporan keuangan yang telah diaudit dan dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia dari tahun 2009 hingga tahun 2011. Analisis dilakukan dengan menggunkan metode regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitability dan firm size secara positif mempengaruhi market to book value perusahaan, sedangkan growth dan leverage secara negatif mempengaruhi market to book value perusahaan. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis yang digunakan bahwa terdapat pengaruh antara faktor - faktor fundamental terhadap market to book value. Terdapat beberapa perbedaan hasil penelitian ini dibandingkan dengan penelitian yang terdahulu, dikarenakan adanya perbedaan cakupan serta karakteristik data dalam penelitian. Keterbatasan penelitian diungkapkan pada bagian akhir, yang ditujukan untuk menjelaskan tantangan yang penulis hadapi selama proses penelitian. Penelitian ini memberikan beberapa saran untuk peneliti selanjutnya yang tertarik pada topik serupa.

Company’s main objective is to maximize the welfare of their shareholders. As an agent of their shareholders, managers should work toward the company’s main goal. However, this concept roll over only as a theory, because in real world there are still many conflicts of interest between managers and shareholders. Shareholders wealth increases along with increased firm value. The higher firm value the higher value delivered for the shareholder. Firm value maximization gives many benefits not only for the shareholder but to other parties such as consumers, employees, and the social environment. We might agree that management should choose most appropriate strategies to maximize their firm value. This research adopts the previous research conducted by Pandey (2005), the study aims to analyze the influence of fundamental factors (profitability, growth, firm size, and leverage) to market to book value. Shareholder value measured by using the market to book ratio, value created when the company’s market value exceeds its book value. Similar studies have been carried out in other countries such as in United States and Malaysia. This research used nonfinancial companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) as sample. Data were analyzed in form of financial statements that have been audited and published by the IDX from 2009 to 2011. Analyses were performed by using multiple linear regression method to test the research hypothesis. The results showed that the profitability and firm size positively affects the market to book value while growth and leverage negatively affect the market to book value of the company. The results support the hypothesis that fundamental factors has affect to market to book value significantly. Even so, there are a typical different result of this study compared with previous studies because there are differences in scope and characteristics of the data. Limitation of this research disclosed in the last part, that provides the challenge of this study. Also, some suggestions explained for further researchers whose are interested in this topic.

Kata Kunci : shareholder value, profitability, growth, firm size, leverage


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.