Laporkan Masalah

DRIVER CONTINUANCE INTENTION TOWARDS CLOUD COMPUTING SERVICE: The Dedications and Constraint-Based Mechanism on Google Apps for Business (GAB)

Nalal Muna, Yulia Arisnani, MBA., Ph.D.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Niat untuk terus menggunakan suatu produk adalah syarat utama keberlangsungan suatu perusahaan khususnya bagi perusahaan yang menerapkan sistem berlangganan baik bulanan atau tahunan. Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, niat konsumen untuk terus menggunakan produk atau jasa perusahaan menjadi faktor keberhasilan yang kritis. Oleh karenanya sangat penting untuk memahami beberapa faktor yang memengaruhi konsumen untuk tetap menggunakan suatu produk dilihat dari sisi dedikasi atau paksaan untuk terus menggunakan produk tersebut. Diadopsi dari penelitian terdahulu oleh Zhou et al. (2012), penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktor yang lebih dominan antara mekanisme dedikasi atau paksaan dalam menggunakan suatu produk atau jasa. Dalam hal ini adalah Google Apps for Business (GAB). Penelitian ini berimplikasi terhadap usaha untuk mempertahankan niat konsumen dalam meneruskan penggunakan Aplikasi Bisnis Google dilihat dari sisi nilai kegunaan, nilai kesenangan, personalisasi dan pembelajaran yang mempengaruhi tingkat kepuasan, komitmen affeksi dan komitmen kalkulasi pengguna untuk tetap menggunakan GAB. Atas dasar ini diajukan model teoretis dengan 11 hipotesis untuk diuji dengan metode SEM. Sampel penelitian ini adalah 224 responden yang terdaftar sebagai pengguna GAB. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme dedikasi lebih dominan dalam memengaruhi niat untuk terus menggunakan GAB di tahun yang akan datang daripada mekanisme paksaan. Nilai kegunaan dan nilai kesenangan pada GAB berguna sebagai syarat dalam memengaruhi tingkat kepuasan dan komitmen afeksi. Sedangkan, komitmen kalkulasi yang disusun oleh personalisasi dan pembelajaran tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat untuk terus menggunakan GAB.

Continuance Intention towards a product or service is pivotal for survival of a company especially those who prerequisite monthly or annual subscriptions. In this high competitive nuance, continuance intention become critical success factor for any company. Therefore, it is important to understand some factors that influence continuance intention to use a product or service in terms of they are attracted or locked in using a product. Adopted from previous research conducted by Zhou et al. (2012), this study aims to examine factors which are more salient between the dedication-based mechanism or the constraint-based mechanism that influence continuance intention in using a product or service. In this context, it is Google Apps for Business (GAB). This research contribute some implications that been useful to craft some efforts to encourage users to keep using GAB in terms of utilitarian value, hedonic value, personalization and learning that influence their satisfaction, affective commitment and calculative commitment. Based on these factors, researcher examines 11 hypotheses using SEM (Structural Equation Model). The sample is 224 respondents subscribed as GAB users. This findings shows that the dedication-based mechanism is more salient that constraint-based mechanism as the driver of continuance intention. Utilitarian value and Hedonic value are all useful in enabling satisfaction and affective commitment. Meanwhile, calculative commitment that has been formed by personalization and learning have no significant effect on continuance intention in using GAB.

Kata Kunci : Google Apps for Business, Mekanisme Dedikasi-Paksaan, nilai kegunaan, nilai kesenangan, personalisasi, pembelajaran, komitmen afeksi, kepuasan, komitmen kalkulasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.