Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI INVESTASI BERBASIS DIVIDEND YIELD - THE FOOLISH FOUR PADA BURSA EFEK INDONESIA

Galih Permadi Bahar, Prof. Dr. Eduardus Tandelilin, MBA.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

The Foolish Four adalah salah satu strategi portfolio berbasis dividend yieldyang populer di era 90-an hingga awal 2000 karena hasilnya yang memberikan return hingga dua kali lipat return pasar, juga melebihi return dari portfolio Dogs of The Dow. Terlepas dari kontroversi yang ditimbulkan oleh strategi ini, penelitianpenelitian di berbagai bursa di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Afrika Selatan menunjukan hasil return yang mampu melampaui indeks pasar. Dengan melakukan pengujian terhadap data historis dari tahun 2003 sampai dengan 2012 di bursa saham Indonesia, penelitian ini mencari tahu mengenai kinerja strategi tersebut di pasar lokal. Karekteristik strategi yang hanya membutuhkan empat saham dalam portfolionya dapat menjadi alternatif yang baik bagi investor kecil dengan mempertimbangkan tingkat risk-adjusted return yang dimiliki masing-masing strategi tersebut.

The Foolish Four is one of the dividend yield-based portfolio strategy. This strategy became famous during 90’s until early 2000 because the return of the portfolio that successfully outperformed market index. Despite the controversy it created, studies in several market in several countries such as U.S., Canada, and South Africa had shown rate of return that consistently outperformed market’s. By doing data simulation from 2003 until 2012 in Indonesia stock market, this study finds out how the strategy performs in local market with LQ45 index as the main benchmark. The nature of this strategy which only requires four stock on its portfolio can be an alternative investment guide for small investors considering the risk-adjusted return of each portfolio strategy.

Kata Kunci : Portfolio Management, strategi portfolio berbasis Dividend yield, risk-adjusted return, The Foolish Four


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.