KELOMPOK NON MEMBER GOLD'S GYM EXPRESS UNIVERSITAS INDONESIA: ANALISA MOTIVASI, KESADARAN, PENGETAHUAN PRODUK, DAN SIKAP KONSUMEN
Fahmi Tarumanegara, Yulia Arisnani, MBA., Ph.D.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenMinimnya penelitian pada kelompok non-pengguna pada kajian pemasaran maupun pemasaran olahraga, terkadang kontras dengan fakta bahwa kelompok tersebut terkadang merupakan bagian terbesar dari pasar potensial perusahaan. Kendati sulit diidentifikasi, telaah pada aspek-aspek psikologis konsumen sebagai pembuat keputusan dalam proses keputusan pembelian, secara konseptual memiliki relevansi untuk digunakan. Penelitian ini secara umum bertujuan mendeskripsikan dan melihat pengaruh antara motivasi, pengetahuan produk, persepsi kualitas dan kesadaran, terhadap intensi pembelian dan partisipasi konsumen. Total 136 responden dan metode analisis regresi logistik multinominal dilibatkan. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan jenis faktor yang berpengaruh signifikan di setiap bentuk intensi, serta signifikannya seluruh variabel prediktor kecuali pengetahuan produk. Berbagai dasar pemikiran dan pembahasan diterangkan, serta arahan bagi penelitian kedepannya juga disarankan.
The slightly reaserch focuses on non-user groups in marketing or sport marketing studies, is contrasted with the fact that these group sometimes are the major part of business potential market. Although it is difficult to identify, examiation pshycological aspect of consumers, as a maker in purchase decission process, conceptually has relevance to used. This study examined the causality relationship between motivation, awareness, percieved quality, and product knowledge, to drive consumers‟ intention in joining sport club or sport participation. A total 136 persons responded, and multinominal logistic regression was examined. The result shows those relationship exsist in, and each variable, except product knowledge, has its own influence to different type of consumers‟ intention. Discussion of theoretical and practical issues is presented and directions for future research are suggested.
Kata Kunci : Pemasaran, Pemasaran Sport, Motivasi, Kesadaran, Persepsi Kualitas, Intensi Pembelian, Proses Keputusan Pembelian, Pusat Kebugaran