KAJIAN PENETAPAN ZONA BERDASARKAN CITRA QUICKBIRD UNTUK MODEL BANGKITAN DAN TARIKAN PERJALANANDI DAERAH PERKOTAAN (STUDI EMPIRIS DI KOTA MAKASSAR)
Qadriathi DG Bau, ST.,M.Si., Prof. Dr. Hartono, DEA., DESS
2013 | Disertasi | S3 Penginderaan JauhPemodelan bangkitan perjalanan merupakan proses awal dari model perencanaan transportasi empat tahap yang bertujuan untuk memperoleh jumlah pergerakan yang dibangkitkan oleh zona asal yaitu permukiman dan zona tujuan yaitu non permukiman pada selang waktu tertentu pada masa sekarang yang akan digunakan untuk meramalkan pergerakan pada masa yang akan datang. Zona merupakan satuan analisis transportasi dan secara umum batas administrasi sering dijadikan batas penentuan zona untuk pengumpulan data di lapangan karena lebih memudahkan dan lebih murah dibandingkan cara sensus tetapi mempunyai beberapa kelemahan antara lain karakteristik pergerakan dalam batas administrasi dianggap seragam atau sama. Atas pertimbangan tersebut maka data penginderaan jauh khususnya citra Quickbird dengan resolusi spasial tinggi yaitu 0,61 m digunakan sebagai solusi untuk mengatasi kelemahan dengan mendefinisikan sistem zona lebih detil yang penulis istilahkan pendekatan semi agregat. Karakteristik zona ditetapkan berdasarkan jenis pemanfaatan lahan yang diperoleh dari hasil pengolahan citra Quickbird yang dibagi menjadi dua, yaitu zona bangkitan meliputi permukiman, kepadatan bangunan, dan keteraturan bangunan, dan zona tarikan terdiri dari individual obyek antara lain sekolah, mesjid, dan kantor. Berdasarkan karakteristik zona tersebut dengan bantuan Sistem Informasi Geografis diperoleh luas dan tinggi bangunan masing-masing zona. Luas dan tinggi bangunan dari citra Quickbird dijadikan variabel bebas sebagai faktor yang mempengaruhi pergerakan dan untuk pembentukan model bangkitan dan tarikan perjalanan digunakan metode analisis regresi. Adapun model yang dihasilkan untuk bangkitan perjalanan, yaitu ô€œ»ô€· = 1,128 + 0,061(X1) + 0,038 (X2) sedangkan model tarikan perjalanan adalah ô€œ»ô€· = 103,295+ 0,077 (X1) + 1,973 (X2). Setelah kedua model dibentuk dalam MAT kemudian disandingkan dengan OD 2007, maka dihasilkan model bangkitan dan tarikan perjalanan citra Quickbird hasil koreksi, yaitu: Fk = 1869,5 + 0,8606 . YQb
Trip generation modeling is the initial process of the four-stage transportation planning model aiming to obtain the number of the movement generated by the origin zone (settlement) and the destination zone (nonsettlement) in specified intervals at present to forecast movements in the future. Zone is a unit of transportation analysis, and in general administrative boundary is often used as a zoning boundary for field data collection because it is easier and less expensive compared to the census. It, however, has some drawbacks among others because the characteristics of movement within the administrative boundary are considered uniform or equal. Upon the consideration, the remote sensing data, particularly the Quickbird imagery with a 0.61 m high spatial resolution is used to overcome the drawbacks by defining a more detailed zone system called as semi-aggregate approach. Zone characteristics are determined by the type of land use obtained from the Quickbird imagery processing which is divided into the attraction zone consisting of settlement, building density, and building regularity, and the one consisting of individual objects such as schools, mosques, and offices. The characteristics of the zone assisted with the geographic information system identify the width and height of building in each zone. The width and height of buildings identified by the Quickbird imagery become the independent variable as the factors affecting the movement. To form the trip generation and trip attraction models, regression analysis of the independent variable as the factors affecting the movement is used. Meanwhile, to form the trip generation and trip attraction models, the regression analysis is used. The multiple linear regression prerequisite resulted in trip generation and trip attraction models. The trip generation model produced ô€œ»ô€· = 1,128 + 0,061(X1) + 0,038 (X2) meanwhile the trip attraction model produced ô€œ»ô€· = 103,295+ 0,077 (X1) + 1,973 (X2). The models were put with OD 2007 after the formation in OD Quickbird Imagery.The process resulted in corrected Quickbird imagery-based models of trip generation and trip attractionproduced Fk = 1869,5 + 0,8606 . YQb
Kata Kunci : Zona, Citra Quickbird, Bangkitan dan Tarikan Perjalanan