Laporkan Masalah

PENGARUH TEKANAN SISTEM INJEKSI PADA MOTOR VIXION 150CC TERHADAP DAYA DAN TORSI

CHERIDOLANG MAYSES SITANGGANG, Ir, Harjono, ST., MT.

2013 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESIN

Sekarang, transportasi adalah hal penting bagi semua orang. Di kota besar ada banyak jenis kendaraan, salah satunya adalah sepeda motor. Banyak orang memilih sepeda motor di kota besar karena sepeda motor dapat menghindari keramaian yang disebabkan oleh lampu lalu lintas. Dan sekarang, banyak sepeda motor yang menggunakan sistem injeksi. Banyak orang memilih sepeda motor yang sudah menggunakan sistem injeksi dari segi keiritannya. Sistem injeksi dapat membuat sepeda motor melaju dalam keadaan terbaiknya dengan konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit. Itu sebabnya hal tersebut bagus untuk diangkat menjadi tugas akhir. Tugas akhir ini adalah hasil dari pengujian pengaruh tekanan pompa injeksi terhadap daya dan torsi mesin sepeda motor. Motor yang digunakan untuk tugas akhir ini adalah Yamaha Vixion 150cc. Alat tambahan untuk tugas akhir ini adalah inverter yang dapat membuat variasi tekanan pompa injeksi. Daya dan torsi diuji menggunakan Dyno Test. Dan konsumsi bahan bakar diuji secara manual. Setelah Dyno Test dan konsumsi bahan bakar diuji menggunakan inverter data yang didapat dari tekanan 220 kPa daya 15,6 hp (ketika N = 8698 rpm) dan torsi 13,57 N.m (ketika N = 7920 rpm), dari tekanan 240 kPa (STD) daya 15 hp (ketika N = 8549 rpm) dan torsi 13,42 N.m (ketika N = 7338 rpm),dan dari tekanan 250 kPa daya 15 hp (ketika N = 8704 rpm) dan torsi 13,55 N.m (ketika N = 7461 rpm ). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa tekanan pompa injeksi sangat berpengaruh terhadap daya dan torsi mesin.

Nowadays, transportation is the most important thing to every person. In a big city there’s so many kind of transportation, one of them is motorcycle. Many people choose motorcycle in a big city because motorcycle can avoid some crowd of traffic lights cause. And now, most of them use Fuel Injection System. Many people choose Fuel Injection Motorcycle from the economical. Fuel Injection System can make motorcycle at their best performance with less fuel. That’s why this thing can be a good final project to lift up. This final project is the result of research of the effect of Fuel Pump Injection pressure to power and torque of the motorcyle machine. The type of motorcycle was used for this final project is Yamaha Vixion 150cc. The extension toll for this final project is inverter who can make the variety pressure of Fuel Pump Injection. The power and the torque result was tested with Dyno Test. And the economical fuel was tested manually. After the dyno test and the economical fuel test with inverter we’ve got the result from 220 kPa pressure of Fuel Pump that the power is 15,6 hp (when N = 8696 rpm) and the torque is 13,57 N.m (when N = 7920 rpm), from 240 kPa pressure of Fuel Pump (STD) that the power is 15 hp (when N = 8549 rpm) and the torque is 13.42 N.m (when N = 7338 rpm), and from 250 kPa pressure of Fuel Pump that the power is 15 hp (when N = 8704 rpm) and the torque is 13.55 N.m (when N = 7461 rpm). From the result we knew now that the pressure of Fuel Pump was so affected to the power and torque of the machine.

Kata Kunci : -


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.