Laporkan Masalah

PENGARUH KEPUASAN DAN INTEGRASI KOMUNITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

HALIMAH CHRISTINE AYU PINASTI, Bernardinus Maria Purwanto, Dr., M.B.A

2013 | Skripsi | MANAJEMEN

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh kepuasan pada loyalitas konsumen, menguji pengaruh integrasi komunitas merek pada kepuasan, menguji pengaruh integrasi komunitas merek pada loyalitas konsumen dan menguji apakah kepuasan memediasi pengaruh integrasi komunitas merek terhadap loyalitas konsumen. Loyalitas ditunjukkan dengan perilaku responden berlangganan tetap dan niat untuk kembali di masa datang. Kepuasan didefinisikan sebagai evaluasi secara keseluruhan oleh responden dan dioperasionalkan sebagai bentuk apakah pengalamannya (pelayanan yang diterima) melebihi harapan responden terhadap merek dan menjadi anggota komunitas. Integrasi komunitas merek didefinisikan sebagai gabungan beberapa komponen: hubungan konsumen dengan merek, produk, perusahaan, dan konsumen lain. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa survei. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuisioner, diberikan secara langsung oleh peneliti pada 130 responden dan yang terkualifikasi hanya 100 buah kemudian digunakan untuk analisis selanjutnya. Responden yang dipilih adalah anggota aktif suatu komunitas motor sport yang terbentuk secara independen di Yogyakarta. Data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan uji mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi komunitas merek berpengaruh secara positif pada kepuasan. Kepuasan dan integrasi komunitas merek berpengaruh secara positif pada loyalitas konsumen. Kepuasan terbukti memediasi pengaruh integrasi komunitas merek pada loyalitas konsumen.

The purpose of this study is to examine the effect of brand community integration towards satisfaction. To examine the effect of satisfaction and brand community integration toward consumer loyalty. To examine the satisfaction as the mediator on the effect of brand community integration on consumer loyaty. Consumer loyaty indicated with a responden’s patronage behavior and future intention to return. Satisfaction is defined as a respondent’s overall evaluation and operationalized it as whether the experience exceeds his/her expectation with the brand and the brand community. Brand community integrastion as the cumulative connections of consumers with the product, the brands, the company, and other consumers. This study uses a survey method. The data used is obtained from questionnaires distributed by the researcher to 130 respondents who are an active members of the independent’s motorcycle brand community in Yogyakarta and only 100 respondents are qualified. Data was analyzed using simple regression and mediation regression. This found that the satisfaction has positive effect on consumer loyalty. Brand community integration has positive effect on customer loyalty and satisfaction. The brand comunity integration has effect through satisfaction on consumer loyalty.

Kata Kunci : Komunitas merek, kepuasan, loyalitas konsumen, sepeda motor


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.