PENGARUH PENGGANTIAN REED VALVE SUZUKI SATRIA 120 R TERHADAP TORSI DAN DAYA
KURNIA, Ir, Harjono, ST., MT.
2013 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESINReed valve merupakan komponen yang sangat penting pada mesin 2 langkah. Reed valve berfungsi untuk mencegah gas kembali ke karburator saat gas tersebut menerima tekanan dari torak. Reed valve merupakan bagian dari sistem bahan bakar mesin 2 langkah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggantian Reed valve terhadap daya (power) dan torsi (torque). reed valve standar Suzuki Satria 120 R diganti dengan reed valve racing dan reed valve local, kemudian diuji untuk mengetahui daya (power) dan torsi (torque) yang dihasilkan mesin. Sehingga dapat membandingkan hasil yang diperoleh antara reed valve standard, racing dan biasa. Proses pengujian dilakukan dengan mengukur daya dan torsi yang dihasilkan masing-masing reed valve. Daya dan torsi mesin diukur dengan menggunakan alat dyno test dengan tipe Dynamometer SD 325. setelah dilakukan pengujian, dihasilkan data berupa grafik serta besaran daya dalam satuan daya kuda (hp) dan torsi dengan satuan (N.m). Daya yang dihasilkan reed valve standar adalah 19.5 hp pada 10195 rpm dan torsi 3.64 N.m pada 10082 rpm. Peak power yang dihasilkan reed valve local dan reed valve racing (SHARKE) terletak di-rpm yang lebih tinggi dari reed valve standar, yaitu masing-masing 10324 rpm dan 10211 rpm. Torsi yang dihasilkan reed valve local dan reed valve racing (SHARKE) mengalami kenaikan masing-masing 0,10 N.m dan 1,21 N.m.
Reed valve is a very important component in the machine 2 steps . Reed valve serves to prevent the gas back into the carburetor when the pressure of the gas piston . Reed valve is part of the engine fuel system 2 steps . This study was conducted to determine the effect of Reed valve replacement on power ( power ) and torque ( torque ) . standard reed valve Suzuki Satria 120 R is replaced with a reed valve and reed valve local racing , then tested to determine the power ( power ) and torque ( torque ) engine produced . So as to compare the results obtained between standard reed valve , racing and regular. The testing process is done by measuring the power and torque generated each reed valve . Engine power and torque were measured by using a dyno test with Dynamometer type SD 325 . after testing , the data generated in the form of graphs as well as the amount of power in units of horsepower ( hp ) and torque with units ( Nm ) . The power generated is a standard reed valve 19.5hp at 10195rpm and torque of 3.64 Nm at 10082 rpm . Peak power generated local reed valve and reed valve racing ( Sharke ) - located at a higher rpm than the standard reed valve , respectively 10324 rpm and 10211 rpm . Torque produced local reed valve and reed valve racing ( Sharke ) respectively increased 0.10 Nm and 1.21 Nm.
Kata Kunci : -