STUDI POLITIK PADA GAME ONLINE KASUS GOVERNING COMMUNITY PADA GAME MASTERS ONLINE DIGIMON
MELATHI HINGAR, Amalinda Savirani, S.IP., M.A.
2013 | Skripsi | ILMU PEMERINTAHAN (POLITIK DAN PEMERINTAHAN)Sejak kemunculannya di tahun 1997, game online kini menjadi permainan yang populer. Sebagai salah satu tren di dunia permainan masa kini, game online mampu mempengaruhi kehidupan sehari-hari para pemainnya, yang kebanyakan generasi muda. Selama ini kajian tentang game online hanya berada pada studi ilmu desain, komputer, komunikasi, dan animasi. Belum banyak penelitian tentang game online dari sisi politik, sehingga penelitian ini akan menjadi suatu hal baru. Salah satu game online populer tersebut adalah Digimon Masters Online, yang akan menjadi fokus dari penelitian ini. Digimon Masters Online (DMO) merupakan game online dari waralaba media terkenal di Jepang, Digimon. Sebelum kemunculan Digimon Masters Online, Digimon itu sendiri sudah dikenal oleh masyarakat melalui tayangan serial animasi pada tahun 1999. Penelitian ini melihat game online sebagai bagian dari politik sehari-hari (everyday politics). Penelitian ini bertujuan untuk melihat bekerjanya kekuasaan pada game online, khususnya yang terkait dengan penggemarnya, serta strategi yang digunakan dan orang atau kelompok yang terkena dampaknya. Konsep ‘disiplin’ digunakan untuk mengetahui hal-hal tersebut, di mana pemain “dipaksa†untuk bermain menggunakan sistem permainan. Paksaan dengan pendisiplinan ini menjadi kerangka untuk memahami bekerjanya politik dalam game online. Politik yang ada pada game online memberikan pandangan dan sisi yang baru terhadap fenomena politik di sekitar kita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, baik dari pemain maupun pengusaha gamenet, studi pustaka dan pengamatan. Berbeda dengan penelitian pada umumnya, datadata dari internet memberikan banyak input. Buku belum banyak memberikan informasi yang mengenai politik pada game online. Data-data yang bersumber dari internet seperti blog, situs game, dan forum di internet justru menjadi data yang penting karena penelitian ini bersinggungan dengan internet. Produsen game online memiliki teknik yang berbeda-beda dalam upaya pendisiplinan, namun memiliki tujuan yang sama untuk “memaksa†pemain tekun bermain. Teknik pendisiplinan Digimon Masters Online dilakukan dengan variasi tantangan, kolektivitas pemain, serta prestasi dan penghargaan. Teknik pendisiplinan tersebut ada pada sistem permainan Digimon Masters Online. Disiplin yang didapat dari pemain Digimon Masters Online tampak pada adanya pendisiplinan pikiran dan fisik pada pemain serta rutinisasi. Teknik pendisiplinan dari produsen terprogrma dalam permainan semata. Reaksi, logika, relasi kuasa, dan pengorganisiran pemain itu sendiri yang menciptakan disiplin. Pemain yang telah terdisiplin dalam kehidupan sehari-harinya “terpaksa†tekun bermain.
-
Kata Kunci : game online, pemain, disiplin, teknik pendisiplinan, kontrol