Laporkan Masalah

KEEFEKTIFAN STRATEGI PROMOSI YOGYATOURIUM

ADI DWI YULIANTO, Mrs. Nur Endah Nugraheni S.S., M.A

2013 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Tugas akhir ini bertujuan untuk memberi informasi kepada pembaca tentang profil singkat dari Yogyatourium. Tujuan selanjutnya adalah memaparkan strategi promosi Yogyatourium dan menganalisa strategi yang paling efektif berdasarkan pendapat dari konsumen dan staff bidang pemasaran. Penulis menggunakan dua metode penelitian untuk mengumpulkan data,diantaranya studi pustaka, pencarian data melalui internet, dan studi lapangan. Dalam studi pustaka dan pencarian melalui internet, penulis membaca beberapa buku, jurnal, leaflet dari Yogyatourium dan artikel yang berhubungan dengan objek penelitian.Untuk studi lapangan, penulis melakukan obeservasi lapangan and mewawancarai dengan staf bidang pemasaran dan beberapa konsumen. Penulis juga menyebar kuisioner kepada pada pelanggan. Berdasarkan kuisioner tersebut, penulis melakukan analisa dan menyimpulkan strategi paling efelktif dari Yogyatourium berdasarkan pendapat pelanggan . Kesimpulannya, Yogyatouriam yang merupakan gerai baru dari Dagadu mempunyai beberapa strategi promosi seperti; leflet, media sosial, pertemuan media, pertemuan pemandu wisata, dan acara langsung. Berdasarkan hasil pendapat dan wawancara kepada staf bidang permasaran, acara langsung adalah strategi pemasaran yang paling efektif dari Yogyatourium

This graduating paper aims to inform the reader short profile of Yogyatourium .Then, it explains the promotional strategies of Yogyatourium and analyze the most effective strategy based on customers’ opinion and marketing staff interview. The writer uses two methods to collect the data; such as; library and internet research, and field study. In library and internet research, the writer read some several books, journal, leaflets of Yogyatourium, and articles which are related to the object of this research. In field study, the writer used direct observation and interviews the marketing staff and some respondents. The writer also distributed questionnaires to customers. From those questionnaires, the writer analyze and conclude the customers’ opinion about the most effective promotion strategy of Yogyatorium . All in all, Yogyatourium which is the new store of Dagadu has some promotional strategies; such as; Leaflet, Social Media, Media Gathering, Tour Leader, and Live Events. According to the result of customers’ opinion and marketing staff, the most effective promotion strategy of Yogyatourium is Live Events.

Kata Kunci : strategi promosi, efektif, Yogyatourium.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.