IDENTIFIKASI PENGARUH KEMASAN TERHADAP PENINGKATAN NILAI JUAL PRODUK KOPI BUBUK DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX (PERSERO) PABRIK KOPI BANARAN (Semarang - Jawa Tengah)
ANDRIANA WIHARTANTRI KUSUMANINGRUM, Dr. Ir. Wahyu Supartono
2013 | Tugas Akhir | D3 AGRO INDUSTRIKemasan merupakan salah satu faktor terpenting yang harus ada pada suatu produk salah satunya kopi bubuk. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas produk serta minat konsumen akan produk itu sendiri adalah kemasannya. Penggunaan jenis bahan kemasan yang sesuai dengan karakteristik produk serta adanya atribut-atribut kemasan yang baik maka akan berpengaruh pada tingkat penjualan produk. Identifikasi pengaruh kemasan terhadap peningkatan nilai jual kopi bubuk ini bertujuan untuk mengetahui jenis produk kopi bubuk berdasarkan kemasannya yang banyak diminati konsumen serta untuk mengetahui peran dari kemasan terhadap nilai jual produk. Data produk kopi bubuk berdasarkan jenis kemasannya diperoleh dari banyaknya permintaan konsumen yang terdapat pada setiap agen perusahaan dengan pencatatan secara sistematis setiap bulannya. Pengolahan data dilakukan dengan diagram batang untuk mengetahui jenis produk berdasarkan kemasannya yang memiliki permintaan tertinggi dan kuesioner untuk mengetahui alasan yang paling dominan berdasarkan pendapat konsumen. Berdasarkan hasil identifikasi yang telah dilakukan, jenis produk yang memiliki tingkat penjualan tertinggi yaitu kopi bubuk original dengan jenis kemasan 100 g. Dibandingkan dengan produk kopi bubuk dengan jenis kemasan lainnya, kopi bubuk kemasan 100 g banyak diminati oleh konsumen dengan jumlah permintaan sebanyak 33.159 kemasan selama periode 1 tahun kebelakang. Faktor penyebab yang paling dominan berpengaruh terhadap tingginya permintaan pada kopi bubuk 100 g yaitu dari desain label kemasan, desain bentuk kemasan, desain grafis kemasan, fungsi dari kemasannya serta dari komposisi produk tersebut.
Packaging is one of the most important factors that must be in a product of coffee powder. One of the factors that affects the quality of products as well as consumer interest in such a product is the packaging. The use of packaging materials which are appropriate with the product characteristics as well as the good packaging attributes will influence the level of product sales. Identifying the effect of the package to the increase in selling coffee powder is intended to determine the type of coffee powder product based on it is packaging that attracts many consumers as well as to determine the role of packaging towards the product sale value. The data of coffe powder product based on the type of it’s package is derived from consumer demand in each agency by noting systematically every month. Processing data is accomplished with bar chart to know the type of product having the highest demand and questionnaires to determine the most dominant reason on the customer opinion. Based on the identification done, the type of product that has the highest level of sales is original coffee powder in packaging 100g. Compared with coffee powder products in other types of package, coffee powder 100g is demanded by more consumers as the number of requests over 33.159 packages during period of a year. The most dominant factor that causes the high demand on the coffee powder of 100g is package label design, package shape design, graphic package design, function of package and the composition of the product.
Kata Kunci : kemasan, permintaan, nilai jual, diagram batang dan kuesioner