MANAJEMEN PENDAPATAN (YIELD MANAGEMENT); STUDI PADA MAHARANI GUEST HOUSE YOGYAKARTA
REZZA JAYA WIRAPATI, Nurul Indarti, Sivilokonom. Cand. Merc.,Ph.D.
2013 | Skripsi | MANAJEMENManajemen pendapatan merupakan teknik yang membantu perusahaanperusahaan besar atau usaha kecil dan menengah untuk mencapai keuntungan tertinggi dengan benar; mengidentifikasi kelompok pelanggan bahwa perusahaan harus melayani; menentukankuantitas produk dan jasa yang tepat serta menyiapkan harga optimal untuk akan ditawarkan kepada para konsumen. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis yield management di Hotel Maharani terkait dengan adanya kebijakan overbooking. Kedua, menentukan kebijakan overbooking bagi Maharani Guest House.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis kuantitatif. Data yang digunakan untuk menganalisis overbooking adalah data jumlah kunjungan pada tahun 2012. Data lain yang digunakan adalah data pengeluaran Maharani Guest House tahun 2012 dan wawancara tentang pelaksanaan manajemen overbooking di Maharani Guest House. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat overbooking di Maharani Guest House adalah 4. Dengan demikian, manajemen Maharani Guest House hendaknya mengalokasikan 13 kamar sebagai kuota reservasi dan menahan 4 kamar untuk tamu go shows dari total 17 kamar yang ada di Maharani Guest House.
Revenue management is a technique that helps large companies or small and medium enterprises to achieve the highest profits properly;identifying group of customers that the company should served;determine the quantity of the right products and services and prepare optimal price to be offered to consumers.The purpose in this study is to analyze the yield management at Hotel Maharani associated with the policy of overbooking. Secondly, determine the overbooking policy for Maharani Guest House.This research is descriptive research with quantitative analysis approach. The data used to analyze overbooking is data of the number of visits in 2012. Other data used is expenditure data Maharani Guest House in 2012 and interviews about the implementation of overbooking management in Maharani Guest House.The results showed that the level of overbooking in Maharani Guest House was 4. Thus, Maharani Guest House management should allocate 13 rooms as reservations quotas and hold 4rooms for go shows guest from a total of 17 rooms available at Maharani Guest House.
Kata Kunci : overbooking, hotel, yield management